IKLAN

Hujan Sebentar, Begini Kondisi Jalan Yos Sudarso Depan SD Don Bosco


Ruas jalan Yos Sudarso, tepatnya depan SD Don Bosco air naik sampai badan jalan diikuti sampah berserakah. (foto: zu)

Ruas jalan Yos Sudarso, tepatnya depan SD Don Bosco air naik sampai badan jalan diikuti sampah berserakah. (foto: zu)

MANADO – Setelah musim panas berkepanjangan berganti musim penghujan, fenomena lain pun terjadi di tengah masyarakat Kota Manado. Yakni dibeberapa titik ruas jalan dijumpai genangan air. Selain itu, pemadangan lain juga ada. Yakni, sampah berserakah sampai ke badan jalan.

Yah, Kota Manado sudah memasuki hampir seminggu mulai dilanda hujan. Meski hujan hanya sebentar tapi masyarakat bersyukur karena sudah lama merindukan turun hujan setelah terik panas matahari  berkepanjangan menyengat tubuh masyarakat Manado. Dibalik rasa syukur hujan mengguyur, namun sebaliknya keluhan pun muncul.

Menyusul naiknya debit air diikuti bertaburannya sampah sampai ke badan jalan. Ada beberapa titik ruas jalan yang menjadi langganan naiknya debit air dari selokan meski hujan hanya sebentar. Diantaranya, ruas jalan kawasan KONI, Sario, Bethesda tepatnya depan rumah sakit Ratumbuysang dan simpang tiga jalan masuk RSUP Prof Kandou, Malalayang serta jalan Yos Sudarso depan SD Don Bosco.

Barusan terpantai, air yang ke badan jalan di depan SD Don Bosco setinggi mata kaki orang dewasa. Bahkan, air mulai memasuki pintu depan bangunan sekolah tersebut. Sudah begitu, sampah plastik pun ikut menghiasa di badan jalan tersebut. Menurut sejumlah warga disitu, sampah-sampah itu berasal dari selokan yang dibawa air hingga ke jalan.

“Masalah sampah ini bukan hanya tugas pemerintah. Biar pemerintah berulang kali tegaskan buang sampah pada tempatnya tapi kalau tidak diperhatika  masyarakat, percuma,” kata Anes, ibu rumah tangga yang tinggal di Sario. Menurutnya,  butuh kesadaran dan perhatian semua warga Kota Manado.

“Mari torang sama-sama bersihkan selokan dan buanglah sampah pada tempatnya agar torang tidak melihat lagi pemadangan seperti ini, karena sekarang sudah musim penghujan. Liat jo oni, cuma hujan sebentar so bagini ini jalan pe model,” ujar Anes yang kebetulan melintas di jalan depan SD Don Bosco. (antoreppy)