IKLAN

GAJI 13 RIBUAN PNS PEMKOT MANADO CAIR, “TERIMA KASIH PAK WALI KOTA”


foto ilus

foto ilus

MANADO – Penantian ribuan PNS di jajaran Pemkot Manado terjawab. Gaji 13 akhirnya bisa cair sejak kemarin (Rabu 2/7). Pencairan ini secara bertahap, namun wajah sumringah dari beberapa abdi Negara ini tak bisa disembunyikan.

“Tidak banyak sih yang akan dibelanjakan, yang penting bisa penuhi kebutuhan dulu,” ujar Toar Lumi, pegawai di lingkungan Setda Manado.

“Syukurlah so ada gaji 13. Biar cuma tuk bayar hal-hal yang sebelumnya jadi keinginan. Sisanya untuk ditabung saja supaya aman,” sambung Benny.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Manado, Manarsar Panjaitan, membenarkan gaji 13 PNS Pemkot Manado sudah mulai dicairkan kemarin. “Gaji 13 sudah disalurkan hari ini (kemarin),” akunya.

 

Terima Gaji 13, Ini Pesan Wali Kota GSVL untuk PNS Pemkot Manado

SEBELUM dipercayakan masyarakat Kota Manado menjabat Wali Kota dan terjun ke dunia politik yang dipercayakan sebagai Ketua Partai Demokrat Sulut, GS Vicky Lumentut diketahui adalah birokrat tulen.

GS. Vicky Lumentut

Merintis karir dari PNS bawahan di Kantor Pemprov Sulut, kemudian dipromosikan memegang jabatan strategis di Pemkot Bitung. Balik lagi bertugas di Pemprov Sulut sebagai Karo Pembangunan dan Kepala Badan Sumber Daya Alam (SDA) di zaman Gubernur Sulut, alamarhum A.J Sondakh. Selanjutnya dipromosi lagi sebagai Sekretaris Kota Manado saat kepemimpinan Jimmy Rimba Rogi Wali Kota sampai akhirnya dirinya saat ini dipercayakan masyarakat Manado sebagai Wali Kota kemudian terpilih Ketua Partai Demokrat Sulut tahun 2010 membuat Lumentut, sapaan suami tercinta Prof. Paula Runtuwene ini paham betul kebutuhan PNS.

Tak heran kalau dirinya sangat memaklumi kalau PNS itu sangat mengharapkan bisa menerima gaji 13. “Saya pernah juga sebagai PNS. Jadi saya tahu persis. Saya juga mengalami setiap akhir bulan itu harus gali lubang tutup lubang. Gaji diterima semua harus membayar utang. Kemudian ngutang lagi nanti bayar gajian bulan berikut. Begitu seterusnya,’’ kata GSVL mengenang masa-masa saat dirinya sebagai PNS.

Untuk itu dirinya berharap untuk jajaran PNS Pemkot Manado yang saat ini menerima gaji 13 agar bisa dimanfaatkan dengan baik. “Jangan digunakan untuk hal-hal yang kurang penting. Kebutuhan keluarga harus jadi prioritas untuk dipenuhi. Apalagi bagi PNS beragama Islam yang dalam waktu dekat akan merayakan Hari Raya Idul Fitri,” pesan Ketua Umum Asosiasi Wali Kota se Indonesia ini. 

 

Total Gaji 13 Ribuan PNS Dianggarkan Pemkot Manado

Manasar Panjaitan

Manasar Panjaitan

KEBERADAAN gaji 13 diakui ribuan PNS Pemkot Manado ikut membantu kebutuhan mereka. Tak heran, wajah cemberut para pamong Negara ini sirna ketika mulai menerima gaji 13 itu yang resmi mulai disalurkan kemarin.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Manado, Manarsar Panjaitan, menjelaskan, alokasi anggaran untuk pembayaran gaji 13 jajaran PNS Pemkot Manado senilai sekira Rp31 miliar.

Awalnya, menurut Manarsar, gaji 13 akan dibayarkan pertengahan Juli ini. Namun karena proses pengajuan dari setiap SKPD terhitung cepat, membuat pembayaran jadi lebih cepat. “Sebenarnya paling lambat minggu kedua Juli,” katanya. (anto/lipsus)