IKLAN

Hati-hati! Timpora Imigrasi Manado Turlap Wisman “Nakal”


Wisman Tiongkok saat tiba di Manado beberapa waktu lalu, (foto:Kandi/ML)

Wisman Tiongkok saat tiba di Manado beberapa waktu lalu, (foto:Kandi/ML)

MANADO-Dukung penuh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw di bidang pariwisata yakni telah mendatangkan sekitar 10 ribu wisatawan asing (Wisman). Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Manado Antrioespermiy, SH. MH mengatakan telah membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora), segera turun lapangan (Turlap).

Antrio sapaan akrabnya kepada Manadoline Rabu (24/8), menambahkan memang sejak adanya kerja sama Gubernur Sulut, pendatang Wisman Tiongkok meningkat sehingga pengawasan harus digenjot.

Informasi masuk di kantor Imigrasi saat ini (Rabu-red) terhitung hingga 22 Agustus 2016, sekitar 11900 Wisman asal Tiongkok kunjungi Sulut,”jelas Antrio juga sebagai Ketua Sekretariat Timpora baru saja terbentuk belum lama ini.

Mendukung usaha Gubernur tersebut, Timpora secara struktural beranggotakan instansi pemerintah dari Kesbangpol, Polisi, TNI, BNN dan para Camat lingkup wilayah Manado.

“Positifnya ya bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD), negatifnya kita berjaga jaga agar para Wisman tidak gunakan narkoba atau mungkin mereka berjualan tidak miliki ijin bahkan terjadi perdagangan manusia,”ucap Antrio.

Ia mengakui, Sumber Daya Manusia (SDM) masih terbatas. “Saat ini kita lebih fokus penerbangan langsung sistem charter dari Tiongkok. Jadi tidak menentu waktu landed, tetapi beberapa dari Imigrasi akan diutus berjaga-jaga di Bandara Samrat,”tambahnya, sembari mengungkapkan walaupun sibuk lakukan pengawasan tapi tetap melayani masyarakat lewat palayanan misalnya pembuatan paspor karena kita sektoral ke pusat,”pungkasnya.

Timpora belum lama terbentuk, laporan Wisman “Nakal”?

Menurut salah satu sumber terkait Wisman Tiogkok kuasasi restoran dibagian Manado. Bahkan salah satu restoran menyajikan chinese food adalah orang asing kelola.

“Kantor Imigrasi Manado berjanji akan berikan arahan ke jalan yang benar kalaupun memang benar-benar didapati,”terang Antrio.

Diketahui, selama turlap hingga hari ini (Rabu-red) Imigrasi Manado belum dapati adanya temuan kasus seperti itu yang dilakukan Wisman Tiongkok. Kalaupun ada, kita tidak bisa berikan sanksi tapi hanya pengawasan dan arahan,”pungkasnya.
(srikandipangemanan)

 

Manado Fiesta 2017