IKLAN

Data BPS Dan Pemkab Mitra Tidak Cocok

Haryadi Kaget Angka Kemiskinan Mitra Paling Tinggi di Sulut


Data BPS Dan Pemkab Mitra Tidak Cocok

2016-07-20_21.32.59

Farry Liwe (kiri) dan Aris Martono Haryadi (kanan)

RATAHAN — Setelah melakukan pertemuan dan mendengar pemaparan data dari Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Farry Liwe MSc dikantor Bupati, Selasa (19/7), terkait angka kemiskinan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Deputi Bidang Sistem National Mayjen TNI Aris Martono Haryadi cukup kaget, pasalnya diketahui angka kemiskinan di Mitra tertinggi di Sulut.

“Kok ini daerah miskin? Sepengetahuan kami, daerah Sulawesi Utara secara umum tidak masuk kategori miskin, tapi data yang kami lihat ternyata Minahasa Tenggara termiskin di Sulawesi Utara,” ungkap Haryadi ketua tim Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) saat diwawancara.

Haryadi mempertanyakan apakah data Badan Pusat Statistik (BPS) yang keliru atau memang kenyataannya seperti itu.

“Kenapa angka kemiskinan ini cukup tinggi? Apakah data BPS yang keliru atau memang real (nyata) Minahasa Tenggara termiskin di Sulut, tapi pernyataan Bapedda yang kami dengar sebenarnya tidak terlalu miskin, sehingga mungkin data di BPS yang keliru,” jelas Haryadi, sembari menambahkan secara umum tidak ditemui masalah yang mencolok di Pemkab Mitra.

Sementara itu, Sekda Mitra Ir Farry Liwe MSc mengaku, Pemkab Mitra terus bekerja keras berbenah dengan menyelesaikan program daerah, selain itu pembangunan fisik juga pemberdayaan masyarakat.

“Sebagai daerah yang masih berkembang, program-program pembangunan kita masih banyak mengarah ke infrastruktur. Tapi secara bertahap juga kita program pemberdayaan masyarakat kita terus maksimalkan,” tukas Liwe.

Di kutip dari situs wikipedia, Dewan Ketahanan Nasional adalah lembaga yang mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan pembinaan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia. Dewan Ketahanan Nasional merupakan Lembaga nonstruktural yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. (fensen)

 

Manado Fiesta 2017