IKLAN

Digelar Hingga Sabtu di Taman Berkat Boulevard

Hari Ini Dibuka, GSVL Jadikan Tulude Iven Tahunan, Ini Agenda Kegiatannya


Digelar Hingga Sabtu di Taman Berkat Boulevard

Wali Kota Vicky Lumentut diundang hadir dalam rapat panitia Pesta Adat Tulude di Taman Berkat Boulevard

Wali Kota Vicky Lumentut diundang hadir dalam rapat panitia Pesta Adat Tulude di Taman Berkat Boulevard

MANADO— Ini menjadi kebanggan tersendiri bagi warga Nusa Utara yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Sulut. Pasalnya, gebyar pesta adat Tulude yang tahun ini dipusatkan di Kota Manado akan dijadikan agenda tahunan oleh Pemkot Manado.

Ini terungkap saat Wali Kota GS Vicky Lumentut diundang hadir bersama panitia untuk memantau kesiapan kesuksesan acara adat warga Nusa Utara yang dimulai hari ini (Kamis 29/1) di kawasan Taman Berkat, Boulevard.

“Saya berharap kegiatan ini berjalan sesuai rencana,” kata GSVL, sapaan Wali Kota.

Menurutnya, kegiatan Gebyar Seni dan Budaya Nusa Utara ini akan ikut mengangkat Pariwisata di Manado. “Pesta adat masyarakat Nusa Utara bisa akan lebih terkenal di mata umum bahkan dunia internasional. Nah, jika kegiatan ini digelar baik dan mendapat respon positif masyarakat, ini akan kita jadikan agenda tahunan,” kata Wali Kota visioner ini.

Sekadar diketahui, Tulude berasal dari kata “Suhude” yang secara harafiah berarti tolak, atau mendorong. Hingga secara luas dapat diartikan sebagai orang Sangihe menolak untuk terus bergantung pada hal-hal di tahun yang lampau dan siap menyongsong kehidupan yang baru di tahun yang baru. Tulude pada hakekatnya adalah kegiatan upacara pengucapan syukur kepada Mawu Ruata Ghenggona Langi (Tuhan yang Mahakuasa) atas berkat-berkat-Nya kepada umat manusia selama setahun yang lalu.(anto reppy)

 

AGENDA KEGIATAN PESTA TULUDE

Kamis (29/1)        : Pembukaan

Lomba Musik Orkes

 

Jumat (30/1)                  : Festival Masamper

Lomba Ampa Wayer

Lomba Potong Kue Tamo

 

Sabtu (31/1)                   : Lomba Perahu Hias

Upacara Tulude

 

Yang ingin mengikuti lomba perahu hias, pendaftaran masih dibuka hingga hari ini.