IKLAN

Harga Cengkih Anjlok, SVR Minta Boikot 4 Perusahan Rokok Masuk Sulut


MANADO-Komisi II membidangi Perekonomian dan Keuangan, mengelar hearing dengan Asiosiasi Petani Cengkih Indonesia (HPCI) Sulawesi Utara, Himpunan Petani Cengkih (HPC) Sulut dan pihak eksekutif  terkait anjloknya harga Cengkih.

Hearing dipimpin langsung dua pimpinan DPRD Sulut, Stevanus Vreeke Runtu (SVR) dan Wenny Lumentut. Dalam hearing tersebut, SVR mengaku ikut prihatin dengan anjloknya harga Cengkih.

Vreeke Runtu dan Wenny Lumentut saat memimpin hearing bersama Asosiasi Petani Cengkih dan pihak eksekutif

Vreeke Runtu dan Wenny Lumentut saat memimpin hearing bersama Asosiasi Petani Cengkih dan pihak eksekutif dan Komisi II

Ia pun meminta agar memboikot 4 perusahan rokok terbesar  yaitu Bentoel , Sampurna, Gudang Garan, Jarum yang masuk ke Sulawesi Utara. ” Yang menjadi persoalan menurunnya harga cengkih adalah 4 perusahan rokok tidak lagi membeli cengkih. Jadi jalan satu-satunya adalah memboikot. Agar produk dari 4 perusahan rokok ini jangan masuk ke Sulut,” pungkas SVR.

Sementara Wenny Lumentut mengajak semua asosiasi bersama dengan Komisi II untuk melakukan konsultasi ke Jakarta. Dan dirinya siap membeli cengkih petani dengan harga Rp95 ribu per kilonya.

Dalam hearing kemarin, asosiasi petani cengkih meminta agar import cengkih harus dihentikan dan regulasi yg ada di departemen perdagangan bisa dihapus.

Harus ada regulasi yg mengatur tentang Cengkih bukan hanya tembakau dan berharap adanya Patokan Harga Dasar (PHD) secara nasional pertahun sebesar Rp100/kg kering.

Konsep resi gudang bisa diterapkan di Sulut. Perbankan diminta untuk memfasilitasi Dana pra panen kepada petani lewat kredit lunak seperti KUR.

Perusahaan Rokok seperti Djarum, Gudang Garam, Bentoel dan Sampoerna dapat membuka pembelian langsung ke petani saat ini. Dan Dana Bagi Hasil Cengkih yang masuk ke Sulut Rp120 miliar harus transparan pemanfaatannya selama ini untuk apa.

Diketahui hearing kemarin dihadiri oleh perwakilan petani Asosiasi Petani Cengkih Indonesia (APCI) Sulut dibawah pimpinan Ketuanya Toni Mukuan dan Sekretaris  Sefanya Oratmangun dan para pimpinan lainnya Setly Kohdong, Marlon Sumarauw, Jemmy Saroinsong, Paulus Sembel, dan Bendahara APCI Sulut Amon Tumonggor.

Hadir Juga Ketua dan Sekertaris Hipunan Petani Cengkih (HPC) Sulut Boy Tangkau dan Max Karaseran, Ketua APCI Minahasa Welly Mangi, Ketua dan Sekertaris  Masyarakat Peduli Cengkih Minahasa (MPCM) Dolvie Tengker dan Tito Manopo. (mom)