IKLAN

Halo Pemerintah! Sampah Liar Menggunung, Bau Busuk di Depan Pintu Masuk Wisatawan


SESAL: Kekecewaan warga melihat sampah depan Kalimas hampir satu pekan dibiarkan pihak yang bertanggungjawab, sampah hampir di badan jalan, Sabtu pagi (8/8) Foto:Kandi/manadoline

SESAL: Kekecewaan warga melihat sampah depan Kalimas hampir satu pekan dibiarkan pihak yang bertanggungjawab, sampah hampir di badan jalan, dekat pintu masuk merupakan sampah botol plastik dalam karung dari pesisir Bunaken, Sabtu pagi (8/8) Foto:Kandi/manadoline

MANADO-Pemandangan tak sedap terlihat di pintu masuk Dinas Perhubungan Dermaga Wisata Kalimas Manado, tepat pintu masuk para Wisatawan ke pulau Bunaken. Disepanjang jalur tersebut ke arah Pasar Bersehati banyak sampah bercecer hampir badan jalan, Sabtu (8/8).

Baik sampah pasar, makanan ringan, hingga sampah botol plastik dari Pulau Bunaken bercampur aduk menghasilkan bau tak sedap.”Hampir satu minggu atau awal Agustus sampah ini belum juga diangkat PD Pasar, Dinas Kebersihan, Pemerintah Kecamatan Kepulauan juga harus tanggung jawab,”beber tukang parkir di Kalimas enggan sebut nama.

Terpisah, Camat Kecamatan Bunaken Kepulauan Robert Dauhan mengakui pekan lalu Masyarakat Peduli Pesisir Pantai Bunaken melalukan kerja bakti bersama membersihkan sampah diseluruh pesisir pantai Bunaken.

“Sampahnya kita bawah ke Manado tepat didepan Kalimas, karena sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kebersihan Manado, selanjutnya nanti Dinas yang mengangkut botol-botol plastik tersebut,”tutur Dauhan.

Sementara itu Kepala Dinas Kebersihan Manado Julises Oehlers saat dihubungi mengungkapkan ada beberapa jalur secara bertahap untuk mengangkut sampah.”Sore nanti, Sabtu (8/8) mulai dibersihkan khususnya sampah didepan Kalimas,”terang Oehlers.

Beberapa warga sering lewat Kalimas berharap mudah-mudahan saja secepatnya, karena bisa menimbulkan penyakit apalagi lokasi sampah tepat pintu masuk turis baik lokal maupun asing yang akan ke pulau Bunaken.”Jang bekeng malo, pihak PD Pasar, Camat Kepulauan dan Dinas Kebersihan Manado ba gera cepat jo,”teriak warga. (srikandipangemanan)