IKLAN

Hadapi MEA, DEKRANAS Gelar Pameran Produk Khas Indonesia


Kegiatan Dekranas

Kegiatan Dekranas

BITUNG-Ketua TP-PKK Ny Khouni Lomban-Rawung bersama Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung Rita Mantiri-Tangkudung mengikuti Rapat kerja Nasional (Rakernas) dan Pameran dalam rangka HUT-36 Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) bertempat digedung Smesco Jakarta, Selasa (17/5). Kegiatan tersebut dibuka oleh Pembina DEKRANAS ibu Iriana Joko Widodo bersama Ketua Umum Mufidah Jusuf Kalla.

Rawung mengatakan, Kota Bitung turut mempromosikan hasil kerajinan dari bahan batok kelapa, Bamboo, yang berlangsung selama tiga hari 17-20 Mei 2016  dengan mengangkat tema “Perajin DEKRANAS kreatif di Dunia Digital”.  Tema ini sejalan dengan mulai berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sejak 1 Januari 2016.

Rawung juga menjelaskan arahan Pembina Dekranas Ibu Iriana Joko Widodo yang menekankan agar Dekranas dapat menjadi lembaga handal dalam menghasilkan produk-produk berkualitas dan dapat menguasai pasar dunia. “Pameran ini diharapkan dapat mendorong produk kerajinan indonesia untuk bersaing dengan produk sejenis yang berasal dari negara ASEAN lainnya, seperti Thailand dan Vietnam,” ujar Rawung.

Sementara itu, Mufidah Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Dekranas menambahakan Dekranas bisa mengembangkan kemitraan dengan beberapa pihak untuk memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan digital cluster.

“Kami mengembangkan website Dekranas www.dekranas.id. “Situs ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi edukasi dalam meningkatkan daya saing dan terdapat banyak informasi untuk para pengrajin dan pengurus serta pihak terkait lainnya dalam membuat produk berdaya saing tinggi dan mengharapkan agar Rakernas dan Pameran 2016 ini menjadi icon kerajinan dan pameran di tahun mendatang,” ujarnya. (jones)