IKLAN

Gunung Soputan Meletus, Minsel Waspada


Gunung Soputan di Minahasa Tenggara

Gunung Soputan di Minahasa Tenggara

AMURANG—Meski lokasinya berada di Minahasa Tenggara (Mitra), namun keberadaan gunung Soputan yang meletus Minggu (18/1) siang tadi membuat warga Minahasa Selatan langsung waspada.

Pasalnya, awan hitam diduga dampak dari meletusnya gunung Soputan tersebut sejak pagi mulai menyelimuti awan Minsel. “Memang belum terlihat dampak negatifnya tapi kami mengimbau agar warga terus waspada, terlebih warga yang dekat dengan gunung Soputan,” ujar Kepala BPBD Minsel Hendry Komaling.

Sekadar diketahui, Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Made Agung Nandaka mengatakan, Gunung Soputan yang berada di Kabupaten Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, meletus pada Minggu, 18 Januari 2015. “Terjadi letusan vertikal tingginya kira-kira 4 ribu meter,” kata dia saat dihubungi, Minggu 18 Januari 2015.

Made mengatakan, letusan itu terjadi pukul 11.38 WITA. Pantauan pengamatan lembaga itu, asap letusan yang berwarna putih kelabu tebal condong ke arah barat daya. Letusan itu diikuti terlontarnya material pijar hihingga ketinggian 500 meter yang tersebar di sekitar puncak gunugn Soputan.

Ada leleran lava dengan jarak luncuran lebih kurang 500 meter dari puncak gunung itu ke arah barat daya.

Menurut Made, aktivitas kegempaan gunung api itu masih relatif tinggi. PVMBG masih tetap mempertahankan status aktivitas gunung itu Siaga atau Level III. Informasi letusan itu sudah disampaikanp ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. “BPBD sudah tahu informasi erupsi ini,” kata dia. (anto/tempo)

 

Manado Fiesta 2017