IKLAN

Gugatan E2L-DB ke KPU Mulai Disidangkan Bawaslu


Elly Lasut bersama timnya ketika menghadiri sidang perdana di Bawaslu Provinsi Sulut

Elly Lasut bersama timnya ketika menghadiri sidang perdana di Bawaslu Provinsi Sulut

MANADO–Akhirnya gugatan yang diajukan pasangan Elly E Lasut dan David Bobihue Akib terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara telah mulai disidangkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Saat menghadiri sidang yang dipimpin oleh Komisioner Bawaslu, Jhonny Suak, Eĺly Lasut didampingi langsung oleh Kuasa Hukumnya, Febro Takaindangen dan ketua tim pemenangan Viktor Rompas.

Agenda sidang kemarin adalah mendengarkan materi gugatan dari pihak E2L-DB. Materi-materi gugatan yang diajukan E2l adalah  KPU Sulut  sengaja tidak memberitahukan secara tertulis kepada partai politik, gabungan parpol pengusung pasangan calon atas nama dr Elly E Lasut dan David Bobihue Akib sebagaimana yang diatur dalam pasal 49 ayat1,2,3 UU No 8 tahun 2015 tentang perubahan atas peraturan KPU No 9 tahun 2015 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota.

KPU Provinsi Sulut tidak memberikan kesempatan atau memperbaiki hasil penelitian yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam waktu tiga hari. Hal ini melanggar pasal 49 ayat 4 UU No 8 tahun 2015 tentang pencalonan gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali Kota dan wakil walikota.

“Kami juga menduga KPU Sulut telah dengan sengaja menambahkan persyaratan kelengkapan administrasi bagi pasangan calon  Elly E Lasut dan David Bobihue Akib sesuai dengan keinginan, penafsiran yang tidak diisyaratkan dalam syarat calon sesuai PKPU No 12 tahun 2015  tentang Perubahan atas PKPU No 9 tahun 2015,” aku E2l bersama timnya.

Penambahan keterangan Model BA.HP PERBAIKAN-KWK yang dijadikan dasar KPU Sulut  untuk menganulir pasangan E2L-DB adalah tindakan yang melampaui kewenangan KPU. Karena sesuai persyaratan telah dilengkapi yaitu pengumuman mantan narapidana di media lokal dan nasional.

Usai sidang, Jhonny Suak ketika dikonfirmasi wartawan menjelaskan, sidang gugatan E2l-DB ke KPU Sulut akan dilanjutkan Rabu (9/9) dengan agenda sidang mendengarkan tanggapan KPU atas materi gugatan yang diajukan ke E2l-DB.

Sementara Komisioner KPU Sulut, Ardiles Mewoh ketika dikonfirmasi kemarin enggan memberikan keterangan lebih. “Kami akan memberikan keterangan nanti dalam sidang. Kakau sekarang kami irit bicara dulu,” pungkas Mewoh. Sidang gugatan E2L-DB telah dilaksanakan, Senin (7/9). (mom)