IKLAN

Gubernur: Nababan Termasuk GM PLN Suluttenggo Terbaik di Indonesia


MANADO-Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR Soni Sumarsono, MDM angkat bicara soal polemik listrik beberapa waktu terakhir ini, sehingga banyak yang menggenjot Baringin Nababan General Manager (GM) PT PLN (Persero) Wilayah Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) mundur.

Gunernur Sulut DR Sumarsono, MDM

Gunernur Sulut DR Sumarsono, MDM

Masalah listrik di Sulut bagaimana Pak? tanya sejumlah wartawan saat berada di Graha Bumi Beringin Manado, Selasa (19/1).

Listrik Amurang memang rencana minta diresmikan 23 Januari, katanya sudah menyala satu atau 20 mesin.

“Tapi saya minta lebih baik dipastikan dulu lah jangan sampai sudah diresmikan tapi masih mampet, jadi saya undur 27 Januari 2016 bersamaan HUT Minsel,”ungkap Sumarsono.

“Tetap sabar, saya prihatin. Kalau dibandingkan sebuah kapal menderita 20 jam sedikit ya itu tidak terlalu masalah tapi ini jelas untuk jangka 5 tahun kedepan,”ujarnya.

Ditanyai juga bagaimana GM PLN Suluttenggo, Baringin Nababan. Apakah harus mundur dari jabatanya terkait sering padamnya listrik?

Sumarsono hanya memberikan contoh, seperti di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menjerit karena tak sama seperti Sulut ada solusi untuk lima tahun kedepan.

Pasalnya, NTT bisa sampai dua minggu hingga sebulan lampu padam dan tak ada solusinya.

“Tapi di Sulut listrik padam 20 jam saja masih ada solusi didepan mata yaitu kapal pembangkit di Amurang telah didorong untuk segera beroperasi dengan supply 125 MW,”kata Sumarsono.

Menurut Direktur Utama (Dirut) PLN di Jakarta meyakinkan kepada saya, GM PLN Nababan termasuk GM terbaik di Indonesia, dibanding GM yang lain termasuk senior.

Lanjutnya, pemasangan instalasi kapal di Amurang itu butuh tangan pengalaman GM.

Bisa jadi kalau sekarang ganti GM harus belajar dulu karena pengetahuan terbatas.

Jadi warga Sulut tahan emosi dan berpikir rasional. Mengganti bukan menyelesaikan masalah dalam situasi seperti ini,”pungkasnya. (srikandipangemanan)

 

Manado Fiesta 2017