IKLAN

GSVL Tak Sekedar Janji, Manado dan Kota Qingdao, Cina Sah Memulai Kerjasama


Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut bersalaman dengan Mr. Wang Menhua, perwakilan Pemerintah Kota Qingdao sebagai tanda sah dimulainya kerjasama antar kota

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut bersalaman dengan Mr. Wang Menhua, perwakilan Pemerintah Kota Qingdao sebagai tanda sah dimulainya kerjasama antar kota

MANADO – Janji Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut melakukan kerja sama persahabatan dengan Pemerintah Kota Qingdao Republic of China dibuktikan.

Bukti keseriusan GSVL, sapaan Lumentut itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara dirinya dengan Mr. Wang Menhua selaku “Chairman of the Standing Committee of Qingdao Municipal People’s Congress” atau Ketua Komite Tetap Kongres Masyarakat kota Qingdao.

Acara itu berlangsung Jumat (30/10) di Hotel Arya Duta. Hubungan kerjasama persahabatan antar kedua kota ini dengan tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan persahabatan masyarakat Qingdao dan Manado melalui konsultasi-konsultasi ramah.

Kedua belah pihak juga sepakat memulai upaya bersama, atas dasar kesetaraan dan saling menguntungkan, untuk mempromosikan hubungan persahabatan “people-to-people”, ekonomi dan arus perdagangan antara kedua kota.

Penandatangan MoU kerjasama antara Pemerintah Kota Manado dan Kota Qingdao disaksikan Ketua DPRD Manado, Noortje Van Bone

Penandatangan MoU kerjasama antara Pemerintah Kota Manado dan Kota Qingdao disaksikan Ketua DPRD Manado, Noortje Van Bone

Selain itu kedua pihak secara aktif melakukan pertukaran dan kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, pariwisata, kelautan, budaya, olahraga, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain. Keseriuasan pihak Pemerintah Qingdao bekerjasama dengan Kota Manado itu ditandai dengan kedatangan mereka ke Manado dengan “full team” delegasi sebanyak 17 orang terdiri dari Ketua Komite Kongres, Sekjen, Kepala-Kepala SKPD dan pengusaha-pengusaha besar kota Qingdao RRT.

Penandatanganan MoU itu juga disaksikan oleh Ketua DPRD Manado, Noortje Van Bone. “Manado dan Kota Kota Qingdao memiliki kemiripan atau kesamaan wilayah. Semoga bulan Maret 2016 mendatang sesuai undangan Pemerintah Qingdao, Pemkot Manado boleh melakukan kunjungan balasan. Ini semua tentunya untuk membuat Kota Manado semakin baik lagi, dengan akan adanya perbaikan peningkatan perekonomian warga masyarakat itu sendiri,” kata GSVL.

Kedatangan 17 delegasi Pemerintah Kota Qingdao, Cina ini dihibur tarian Cakalel. Suasana penjemputan terasa lain membuat sejumlah turis dan tamu yang baru tiba di Ibukota Propinsi Sulut ini mengaku bangga.

“Mari kita doakan dan tentu mohon dukungan dan upayakan bersama agar kerjasama ini dapat berhasil demi peningkatan kesejahteraan masyarakat kota Manado. Tuhan memberkati kita semua,” ujar GSVL. (antoreppy)

 

Manado Fiesta 2017