IKLAN

GSVL Hanya Cuti Kampanye, Mendagri: Jabatan Wali Kota Manado Berakhir 8 Desember 2015


FRANKY MOCODOMPIS; Kabag Humas Pemkot Manado

FRANKY MOCODOMPIS; Kabag Humas Pemkot Manado

MANADO – Posisi GS Vicky Lumentut yang sampai saat ini menjabat Wali Kota Manado terus disudutkan lawan politik jelang Pilkada 9 Desember nanti. Maklum, GSVL, sapaan Lumentut disebut-sebut kandidat terkuat sebagai calon wali kota incumbent untuk periode 2015-2020 kedepan.

Yang paling santer diisukan ke masyarakat, GSVL dituding mendompleng kapasitasnya sebagai wali kota saat ini untuk mengangkat elektabilitasnya maju bertarung kembali berpasangan dengan Mor Bastiaan.

Padahal sudah nyata tertera dalam surat Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Nomor 131.7/205/2010 tanggal 8 Desember tahun 2010, jabatan Wali Kota GSVL nanti akan berakhir pada 8 Desember 2015.

“Jadi ini perlu masyarakat luas ketahui, mengacuh surat Mendagri itu, berarti sampai detik ini pak GS Vicky Lumentut masih menjabat wali kota Manado periode 2010-2015,” tegas Kabag Humas dan Protokol Pemkot Manado, Franky Mocodompis.

Terkait sosialisasi GSVL berupa kegiatan pemerintahan, kemasyarakatan dan pembangunan Kota Manado, termasuk melakukan sosialisasi pemanfaatan Rp213 bantuan dana hibah bencana dari pemerintah pusat di luar jadual kampanye, merupakan aktivitasnya sebagai Wali Kota Manado.

“Dan sesuai aturan, Pak GSVL hanya izin cuti kampanye saat jadual kampanye. Di luar itu beliau beraktivitas sebagai Wali Kota Manado karena masa jabatannya nanti akan berakhir 8 Desember mendatang,” ujar Mocodompis.

Menurutnya, memang unik masa jabatan Wali Kota GSVL dan Wawali Harley Mangindaan. “Mungkin ini satu-satunya kepala daerah yang unik dibanding kepala daerah lainnya di Indonesia yang menggelar Pilkada serentak. Karena sehari setelah masa jabatan berakhir, dilakukan pemngutan suara, yakni 9 Desember. Jadi ini perlu diketahui masyarakat Manado,” pungkas Mocodompis. (antoreppy)