IKLAN

Sosialisasi Tulude Jadi Kalender Iven Pemkot, Tiap Tahun Digelar di Taman Berkat

GSVL dan Enci Paula Gandeng Pasangan Masing-masing di Bunaken


Sosialisasi Tulude Jadi Kalender Iven Pemkot, Tiap Tahun Digelar di Taman Berkat

WALI TULUDE PULAU BUNAKEN MASAMPERMANADO—Lagu berbahasa Nusa Utara menggema di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kepulauan. Di sebuah rumah warga disambung bangsal berkumpul sekelompok warga sesekali mengikuti irama lagu khas orang Sangihe bersamaan tubuh mereka bergoyang membentuk satu lingkaran.

Itulah pemandangan kemeriahan warga Nusa Utara sore tadi (Minggu 1/2) yang tergabung dalam jemaat GMIM Pathmos Bunaken menggelar pesta Tulude, sebuah adat turun temuran masyarakat Nusa Utara sebagai bentuk menyambut tahun baru dan meninggalkan tahun lama dengan kesenian khas Masamper.

 

Wali Kota Vicky Lumentut dan Enci Paula ikut Masamper dengan pasangan masing-masing

Wali Kota Vicky Lumentut (foto atas) dan Enci Paula ikut Masamper dengan pasangan masing-masing

Tak banyak yang tahu kalau orang nomor satu di Kota Manado, GS Vicky Lumentut bersama sang istri Julyeta Paula Lumentut-Runtuwene ikut nimbrung di antara masyarakat yang sedang asyik berpasang-pasangan dalam lingkaran masamper itu.

Hanya saja, baik GSVL, sapaan akrab Wali Kota Manado tidak memilih berpasangan dengan istrinya. Sebaliknya, sang istri pun berpasangan dengan warga lain. Bak sudah mahir mengikuti irama Masamper, gerakan tubuh GSVL dan istrinya begitu cekatan mengikuti aba aba dari sang komando.

“Terima kasih banyak saya sudah berada disini. Saya datang bersama istri tercinta saya, biasa dipanggil Enci Paula. Adat Tulude yang dimeriahkan dengan kesenian Masamper ini ternyata media pemersatu dan kental dengan religi. Ini harus dipertahankan terus,’’ kata GSVL.

Dirinya pun menceritakan saat Gebyar Adat Tulude berlangsung di Taman Berkat, Boulevard

Meski diterjang ombak dan angin kencang dalam perjalan laut namum Wali Kota Vicky Lumentut nekat memenuhi undangan safari Tulude di Kecamatan Bunaken Kepulauan

Meski diterjang ombak dan angin kencang dalam perjalan laut namum Wali Kota Vicky Lumentut nekat memenuhi undangan safari Tulude di Kecamatan Bunaken Kepulauan

Manado sejak 29-31 Januari kemarin. “Satu grup Masamper, eh ternyata didalamnya tole tole samua. Nah, ini menandakan kalau Masamper tidak hanya digandrungi warga Nusa Utara tapi juga sudah menjadi bagian dari suku lain,’’ ujar GSVL.

Untuk itu, kepada warga Nusa Utara di Bunaken Kepulauan, Ketua DPD Partai Demokrat Sulut ini berharap untuk tahun kedepan, kegiatan Adat Tulude dan penampilan seni budaya warga Nusa Utara ini akan dipusatkan di Taman Berkat Boulevard Manado. “Ini akan dijadikan iven tahunan. Jadi berikut saya titipkan agar pesta adat Tulude di kampong-kampung kalau boleh jangan di tanggal 29, 30 dan 31 Januari karena tanggal itu kita sudah patenkan untuk menggelar pesta Adat Tulude di Taman Berkat, Boulevard Manado,’’ kata GSVL seraya menambahkan, sebelumnya dirinya juga sudah mensosialisasikan kepada warga Pulau Siladen. “Sebelum kesini, saya tadi di Pulau Siladen, bersama-sama merayakan Tulude dengan Jemaat Paulus Siladen. Saya juga sudah memberitahukan agenda Iven Tulude ini akan digelar setiap tahun,’’ pungkas GSVL. (anto reppy)