IKLAN

Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri


Peringatan HKN ke-51 Pemkot Bitung. Jumat (20/11)

Peringatan HKN ke-51 Pemkot Bitung. Jumat (20/11)

BITUNG-‘Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri’, tema yang diangkat dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 yang jatuh pada tanggal 12 November 2015, sesuai amanat Presiden RI tentang Revolusi Mental melalui konsep Nawa Cita dengan terus melakukan inovasi kerjasama dan kerja cerdas sesuai dengan semangat kabinet kerja.

Hal ini disampaikan Sekretaris Kota Bitung Drs Edison Humiang Msi, Jumat (20/11), saat membacakan sambutan menteri kesehatan RI Prof Dr, dr Nila Farid Moeloek SPM(K) dalam acara peringatan HKN ke-51 yang ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Sekot didampingi sejumlah pimpinan SKPD dan disaksikan segenap peserta jalan sehat yakni para ASN, bertempat di Lapangan upacara kantor Walikota Bitung.

“Kementerian Kesehatan mengarahkan bahwa Pembangunan Kesehatan untuk mewujudkan kualitas manusia Indonesia melalui pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan maka Prioritas pembangunan kesehatan tahun 2015-2019 dititik beratkan dalam 3 pilar yaitu, 1) Paradigma Sehat dengan pangarustamaan upaya preventif, promotif dan pemberdayaan masyarakat, 2) Peningkatan Pelayanan Kesehatan melalui strategi peningkatan pelayanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan, pendekatan continuum of care, intervensi berbasis resiko kesehatan, 3) JKN melalui Kartu Indonesia Sehat,” ujar Humiang.

Pada peringatan HKN tahun ini Menkes berharap dapat dijadikan momentum untuk menyampaikan kepada masyarakat agar merubah cara pandang dan meninggalkan cara menjaga kesehatan melalui kuratif menuju semangat preventif dan promotif tentu saja dengan membiasakan polah hidup bersih dan sehat (PHBS) dan upaya pencegah penyakit melalui kampanye Aksi CERDIK.

“Selain itu Pembangunan Kesehatan sebagai unsur peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, jaren kesehatan adalah investasi, maka pembangunan kesehatan harus mendorong upaya preventif dan promotif,” kunci Humiang.

Adapun Kegiatan Jalan sehat ini juga digelar di Kecamatan Aertembaga dan dilepas Oleh Kepala Badan Kepegwaian Daerah Pendidikan dan Peltihan (BKD-PP) Kota Bitung Yossy Kawengian. (jones)