IKLAN

Gejolak Partai NasDem, Kader Siap Bakar Baju Partai


Sharul Poli saat memimpin Rapat Konsolidasi Partai NasDem Kota Bitung, Selasa (7/7)

Sharul Poli saat memimpin Rapat Konsolidasi Partai NasDem Kota Bitung, Selasa (7/7)

BITUNG-Menyikapi surat pengunduran diri dari Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Sulawesi Utara OC Kaligis dan Pilkada Kota Bitung, DPW bersama DPD Partai NasDem Kota Bitung melakukan konsolidasi, Selasa (7/7), bertempat di Sekretariat Media Centre Anthonius Supit.

Rapat konsolidasi tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Sulut Sharul Poli. Dalam pertemuan tersebut, Poli yang diberikan mandat oleh Ketua DPW, menyatakan bahwa pihak DPW belum melihat secara pasti siapa yang akan diusung oleh Partai NasDem dalam Pilkada Bitung.

“Kalau hanya deklarasi itu sah-sah saja, tetapi dari sisi legalitas dan sesuai aspirasi kader partai apakah sudah sesuai dengan aturan? Bisa saja terjadi perubahan siapa yang akan diusung,” kata Poli.

Sementara itu, para kader partai yang membawa slogan Restorasi Indonesia, mempertanyakan kebijakan DPP yang memberikan rekomendasi kepada Max J. Lomban sebagai Calon Walikota. Akibat dari kebijakan DPP tersebut dan tindakan segelintir Pengurus DPW yang tidak menghargai ketua DPW, maka OC Kaligis mengundurkan diri sebagai Ketua DPW Partai NasDem Sulut.

“Figur OC Kaligis bisa disejajarkan dengan Ketua Umum, tetapi kenapa bisa dipatahkan oleh seorang Virgie Baker? Kami akan membakar baju NasDem didepan kantor DPD sebagai wujud protes para kader,” tegas Herry Mamonto salah satu Kader NasDem Bitung.

“Anthonius Supit sangat layak untuk dicalonkan sebagai Walikota Bitung 2016-2021, kenapa harus mencalonkan orang yang bukan kader partai? Kami siap mundur dari Partai kalau Anthonius Supit tidak dicalonkan sebagai Walikota Bitung,” sambung kader lain.

Semua kader yang hadir dalam pertemuan tersebut, mendukung kebijakan OC Kaligis terkait dengan kebijakan DPP. Mereka juga menyesali sikap dari beberapa kader yang bertindak tidak sesuai dengan anggaran dasar dan rumah tangga partai.

“Jangankan sanksi dari Partai kalau tidak mendukung MJL, kami juga punya sikap kalau Anthonius Supit tidak dicalonkan sebagai Walikota Bitung, kami siap mundur seperti OC Kaligis,” ujar Jefry Sagune anggota dewan pakar partai NasDem Kota Bitung. (jones)