IKLAN

Gebrakan Dispora Awal 2016, ‘Gelora Merah Putih’ akan Menggema di Gunung Tumpa  


Kadispora Manado, Lenda Pelealu dan Kasie Olahraga Kemasyarakatan, Pontowuisang Kakauhe

Kadispora Manado, Lenda Pelealu dan Kasie Olahraga Kemasyarakatan, Pontowuisang Kakauhe

MANADO – Peristiwa Merah Putih di Kota Manado merupakan peristiwa besar yang merupakan bagian dari sejarah nasional.

2016 ini, sejarah patriotic ini memasuki usia ke 70 tahun. Bagi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Manado, wajib diperingati untuk mengenang jiwa-jiwa perjuangan para pahlawan lewat prestasi para generasi muda saat sekarang ini.

Nah, untuk menumbuhkan jiwa patriotism dan semangat nasionalme khusus generasi muda di Kota Manado, Dispora bekerjasama dengan Karang Taruna Tumpa akan menghelat iven besar mengenang 70 Tahun Peristiwa Merah Putih ini.

Dengan Tema ‘Darah, Raga dan Pikiranku untuk Merah Putih’, Dispora menggelar sejumlah kegiatan olahraga melibatkan pelajar, mahasiswa, pemuda dan masyarakat se Kota Manado dan Sulut.

Kegiatan itu antara lain, Parade Merah Putih dengan melakukan konvoi dari Sario, Stasiun 45, Tugu Merah Putih dan TMP. Kemudian akan menggelar malam perenungan di TMP.

“Ada juga kegiatan olahraga seperti Fun Bike, Fun Run, Fun Walk Merah yang dipusatkan di Gunung Tumpa,” jelas Kadispora Manado, Lenda Pelealu didampingi Kasie Olahraga dan Kemasyarakatan, Pontowuisang Kakauhe.

Yang paling menarik nanti, akan dilakukan pengibaran bendera merah putih berukuran besar yakni,  46 m x 70 m di puncak gunung Tumpa. Selanjutnya penanaman Pohon Gelora Merah untuk perdamaian serta gebyar merah putih dan pagelaran budaya di Pandu.

“Nanti juga akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Tugu Tetenkoreng Perdamaian Dunia di Gunung Tumpa dan Pencanangan Gerakan Masyarakat untuk Sulut Damai,” jelas Pelealu.

Kegiatan yang di pusatkan di Gunung Tumpa, Pandu ini selama tiga hari, mulai 12 Februari hingga 14 Februari.

“Kalau selama ini kegiatan Dispora selalu digelar di kawasan Megamas Manado, kali ini sengaja seluruh kegiatan dipusatkan di bagian Manado Utara agar visi misi kami memasyarakatkan olahraga itu merata di kota Manado,” tandas Pelealu sambil menambahkan, kegiatan ini akan ditutup dengan dialog pemuda. (antoreppy)

 

 

Manado Fiesta 2017