IKLAN

Ganggu Kenyamanan Warga, DPRD Sorot Kondisi Sejumlah Puskesmas di Manado


Anggota Komisi D DPRD Kota Manado, Markho Tampi

Anggota Komisi D DPRD Kota Manado, Markho Tampi

MANADO – Anggota Komisi D DPRD Kota Manado Markho Tampi mengatakan bahwa beberapa puskesmas di Kota Manado ternyata kondisi fisik bangunan banyak yang rusak, sehingga membutuhkan perhatian serius dari Pemerintah Kota Manado.

“Dari hasil temuan kami di lapangan, sejumlah puskesmas kondisi bangunannya dalam kondisi rusak. Sebagian besar rusak karena bencana banjir pada Januari 2014 lalu,” kata Tampi.

Politisi PDIP ini menjelaskan bahwa sebagian fasilitas dan peralatan medis yang terkena bencana banjir hingga kini masih digunakan dan ini sangat menganggu kenyamanan warga yang sedang menjalani perawatan di puskesmas.

Selain itu, Tampi mengatakan bahwa masalah ketersediaan tenaga medis menjadi permasalahan penting yang terjadi di masing-masing puskesmas. “Tenaga medis pada 1 puskesmas induk harus memiliki tenaga minimal 10 tenaga dokter dan tenaga perawat minimal 15 orang,” terangnya.

Dirinya juga menekan soal tenaga administrasi, kalau yang ada saat ini kelihatannya tidak ditangani oleh orang-orang yang profesional, sehingga hasil kerjanya tidak maksimal, sehingga banyak laporan yang tidak beres, kendati puskesmas menerima dana kapitasi, JKN, Bantuan Operasional, (christian)