IKLAN

Forward Adukan Penyelenggara Pemilu ke DPRD Sulut


Ketua Forward DPRD Sulut, Martino Limpong

Ketua Forward DPRD Sulut, Martino Limpong

MANADO- Rencananya, Senin (16/11) Forum Wartawan DPRD (Forward) Sulut akan mengadu ke komisi I DPRD Sulut tentang tidak terbukanya informasi oleh penyelenggaran pemilu.

Ketua Forum Wartawan Dewan DPRD Sulut, Martino Limpong mengatakan, keterbukaan informasi publik dari penyelenggara pemilu patut dipertanyakan.

Raski Mokodompit

Raski Mokodompit

Untuk itulah Forward Sulut akan membuat surat yang ditujukan ke Komisi I sebagai mitra kerja dari penyelenggara pemilu.

Menurut Limpong, adapun beberapa alasan yang dimana wartawan merasa dirugikan, yakni saat melakukan konfirmasi kepada penyeleenggara pemilu pasca tidak ditetapkannya salah satu calon pemilukada di Kota Manado tidak memenuhi syarat.

“Wartawan bukan membela calon tersebut. Yang kami rekan-rekan wartawan sesali, dimana saat dikonfirmasi melalui via handphone dan sms tapi tidak ada respon,” ujarnya.

Sementara itu salah satu anggota Forward  Reymond Legi mengatakan, ada beberapa pelanggaran yang dilakukan penyelenggara pemilu atas tidak memberikan konfirmasi kepada wartawan, pertama melanggar kode etik penyelenggara pemilu, kedua melanggar undang-undang keterbukaan informasi publik.

“Kami mendesak komisi I kiranya bisa memanggil penyelenggara pemilu baik itu KPU maupun Bawaslu  untuk dilakukan dengar pendapat, terkait aspirasi yang kami sampaikan,” aku Legi.
Anggota Komisi I DPRD Sulut Raski Mokodompit mengatakan, silakan teman-teman wartawan sampaikan aspirasi secara resmi, pastinya Komisi I akan menindaklanjutinya.

“Teman-teman wartawan adalah ujung tombak informasi untuk disampaikan kepada masyarakat. Dalam pemberitaan juga wartawan butuh mengumpulkan data dari sumber, untuk dirangkai dalam satu kalimat agar bisa disajikan ke masyarakat dengan baik dan benar. Wartawan juga bagian mitra kerja dari komisi I,” jelasnya. (mom)

 

Manado Fiesta 2017