IKLAN

Fokus Program ODSK, Data PMKS-PSKS Perlu Koreksi


MINUT– Kepala Dinas Sosial Sulawesi Utara (Sulut) DR Liesje. G Punuh, M.kes mengatakan pemutahiran data orang tidak mampu dan miskin pada Kabupaten/Kota perlu dikoreksi demi menunjang program Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Sfsf

Sumber: Dinsos Sulut

Saat Rapat Koordinasi Pemutahiran Data Kemiskinan, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi Sumner Kesejahteraan Sosial (PSKS) pada Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (OD-SK), di Sutan Raja Hotel Minahasa Utara (Minut), Selasa (31/5).

Punuh menambahkan soal PMKS-PSKS perlu menyatukan cara pandang dalam menetapkan keluarga miskin sesuai dengan kriteria.

Hbubu

Sumber: Dinsos Sulut

Untuk menyamakan persepsi data tingkat kemiskinan hasil survey Badan Pusat Statistik dengan data kemiskinan Penerima Bantuan Iuran berdasarkan SK Menteri Sosial RI Nomor 170 Tahun 2015 di Sulut.

Lanjutnya, mendapatkan data base kemiskinan, PMKS dan PSKS ditahap pertama RPJMD 2016-2021 dalam rangka penentuan kebijakan program guna menunjang OD-SK.

Secara khusus dilaporkan bahwa Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan adalah unsur relawan pada setiap Kecamatan satu orang dan diberikan tugas langsung dari Kementerian Sosial RI untuk melakukan verivikasi dan validasi data kemiskinan.

PMKS dan PSKS dalam rangka program perlindungan sosial melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS),”jelas Punuh.

Diketahui, Rakor dihadiri seluuh Bupati dan Wali Kota se-Sulut. (srikandipangemanan)