IKLAN

Wali Kota Minta Warisi Semangat Juang Wolter Mongisidi

Festival Seni Budaya Bantik Dipatenkan Jadi Iven Pariwisata Tahunan


Wali Kota Minta Warisi Semangat Juang Wolter Mongisidi

Wali Kota Vicky Lumentut resmi Festival Seni Budaya Bantik

Wali Kota Vicky Lumentut resmi Festival Seni Budaya Bantik

MANADO–Kepedulian yang besar dari Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) pada warganya merupakan suatu hal yang patut dicontohi. Pada Sabtu (14/2) siang, GSVL membuka secara langsung Festival Seni Budaya Bantik 2015 dan Peringatan 66 Tahun Gugurnya Pahlawan Nasional asal Bantik Robert Wolter Mongisidi, yang dipusatkan di Aula Kelurahan Malalayang Satu Kecamatan Malalayang. Warga Bantik pun salut dengan kehadiran Walikota GSVL. Dibukanya kegiatan pada 14 Februari ini bertepatan dengan tanggal lahir Pahlawan Nasional Bantik, Robert Wolter Mongisidi.

Di hadapan warga Batik, GSVL menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut. Orang nomor satu di ibukota Sulut ini mengungkapkan sosok Robert Wolter Mongisidi yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia patut diwarisi

semangatnya. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau mengenang jasa para pahlawannya. Mari kita isi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan-pahlawan kusuma bangsa. Selamat melestarikan nilai-nilai budaya, sebagai aset kejayaan di Manado,” ujar GSVL yang disambut aplaus ratusan warga Banti yang hadir.

Para tokoh adat Bantik bersama Wali Kota Vicky Lumentut

Para tokoh adat Bantik bersama Wali Kota Vicky Lumentut

Walikota GSVL merespon dan mendukung penuh agenda ini, karena festival Bantik ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memelihara jati diri dan kearifan lokal. “Festival Bantik ini menambah kekayaan budaya kita dan menunjang pariwisata kita. Karena itu, saya minta pertahankan terus semangat dan jati diri Bantik ini. Semoga juga juga menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan dan kedamaian di Manado,” ujar GSVL.

Di satu sisi, Walikota visioner ini berharap semangat Bote—panggilan akrab Robert Wolter

Mongisidi—akan diwarisi generasi muda untuk pembangunan Manado yang lebih baik. “Semangat Bote yakni ‘setia hingga terakhir dalam keyakinan’, harus terus terpatrih. Maka kita yang ada saat ini, merupakan penerus semangat Bote baik itu datang dari bidang hidup profesi, dan kapabilitas yang dimiliki di manapun kita berada,” ajak GSVL.(adv/anto reppy)