IKLAN

F-Hanura Berulah, APBD-P 2016 Tetap Sah Dibahas DPRD Manado


Juru bicara Fraksi PDIP, Vicktor Poli menyerahkan pemandangan umum fraksi kepada Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut dan kepada pimpinan DPRD Manado

Juru bicara Fraksi PDIP, Vicktor Poli menyerahkan pemandangan umum fraksi kepada Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut dan kepada pimpinan DPRD Manado

MANADO – Pemandangan menarik bahkan tak biasanya terjadi saat Rapat Paripurna DPRD Manado dalam rangka penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi, Jumat (30/9/2016) malam terhadap penyampaian nota keuangan APBD-P (Perubahan) yang disampaikan Wali Kota, GS Vicky Lumentut (GSVL).

Biasanya 6 Fraksi lengkap di DPRD Manado hadir setiap rapat paripurna, kali ini F-Hanura enggan hadir. Tak diketahui alasanya.

Meski begitu, rapat paripurna pemandangan umum fraksi yang ikut dihadiri Wali Kota, GSVL tetap dilaksanakan dengan dipimpin Wakil Ketua DPRD, Danny Sondakh.

Dalam PP dan dalam Tatib Dewan tidak melarang jika salah satu fraksi berhalangan hadir atau tidak menyampaikan pemandangan umumnya. “Belum diketahui apakah menolak atau menerima dalam pemandangan akhir mereka. Tapi dalam PP dan Tatib dewa tidak melarang untuk dilaksanakan Rapat Paripurna ini,” kata Deson, sapaan akrab putra mantan Gubernur Sulut, Alm. A.J Sondakh saat membuka rapat yang dihadiri para SKPD Pemkot Manado.

Kabag Perundang-Undangan DPRD Manado, Novly Siwi yang dikonfirmasi tidak menapik jika dalam Tatib dewan tidak melarang jika salah satu fraksi berhalangan hadir dalam rapat paripurna.

“Di dewan kan menganut asaz musyawarah mufakat. Karena 5 Fraksi yang sepakat rapat paripurna, jadi tidak masalah. Ditambah lagi mereka korum,” ujar Siwi.

Sementara dalam penyampaian pemandangan umum farksi, munis F-Hanura, masing-masing F-Demokrat, F-Golkar, F-PDIP, F-Gerindra, F-PAN, semua menyetujui nota pengantar APBD-P 2016 dibahas selanjutnya ditetapkan menjadi Perda. (antoreppy)

 

Manado Fiesta 2017