IKLAN

Empat Lokasi Galian C di Boltim Ditutup Badan Lingkungan Hidup


 

Salah Satu Lokasi Galian C di Bolmong Raya. (f-yoan/manadoline)

Salah Satu Lokasi Galian C di Bolmong Raya. (f-yoan/manadoline)

BOLTIM – Empat lokasi Galian C di wilayah Kabupaten Boltim resmi ditutup Badan Lingkungan Hidup (BLH) bersama Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan aparat Sat Pol-PP, karena tak memiliki izin.

“Karena tak berizin empat lokasi galian C di Buyat, Tutuyan dan Purworejo kami tutup,” tegas Kepala BLH, Priyamos SH MH, Rabu (2/9)

Priyamos juga menambahkan akan melakukan pembinaan kepada pengusaha galian C dan menyarankannya untuk mengurus surat izin usaha pertambangan (IUP). “Kami akan keluarkan rekomendasinya, dan pemprov mengeluarkan IUP,” tambah mantan Kabag Hukum Pemkab Boltim itu.

Masih menurutnya galian C di Buyat telah merusak lingkungan dan masuk dalam kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT). “Kami sudah hentikan dan memerintahkan mereka untuk reklamasi kembali lokasi yang sudah ditambang. Kalau tidak kami akan laporkan secara hukum,” jelasnya.

Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Boltim, Imran Makadomo mengakui beroperasinya puluhan usaha galian C tak memiliki izin. Hanya galian C yang berada di Matabulu, Molobog dan Paret yang berizin. (yoan)