IKLAN

Diknas Sulut: Empat Kabupaten “Cuek” Tenaga Pendidik Berprestasi


Kabid

Kabid PMPTK Jendry Sualang, SPd

MANADO-Pemilihan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi tingkat Sulawesi Utara (Sulut) 2016, diabaikan empat Kabupaten Provinsi.

Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Dinas Pendidikan Sulut Jendry Sualang SPd menekankan ketidakhadiran empat Kabupaten yakni Sangihe, Talaud, Boltim dan Bolsel pertanda tidak peduli pendidikan.

Diketahui, menurut Sualang pemilihan tenaga pendidik merupakan agenda tahunan tujuannya memberikan dukungan dari pemerintah terhadap para Guru, Kepala Sekolah, serta Pengawas yang berprestasi.

Juga berdedikasi dan telah diseleksi pada tingkat Kabupaten/Kota masing-masing. Setelah tahap tersebut akan lanjut ke pemilihan tingkat Nasional.

Pelatihan

Hotel Sahid Kawanua saat proses seleksi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi dipimpin Kepala Diknas Sulut Asiano G Kawatu, Rabu (29/6) (foto:Kandi/ML)

“Tidak ada alasan untuk tidak hadir, padahal kurang lebih seminggu sebelum kami sudah beritahukan. Hal ini menunjukkan bisa jadi pemerintah di empat Kabupaten tersebut tidak mau merespon kegiatan kesiswaan,”jelas Sualang saat berada pada pelaksaan kegiatan hingga hari ini Kamis (30/6) di hotel Sahid Kawanua Manado.

Masing-masing Kabupaten mengutus 15 tenaga pendidik. Pantauan Manadoline, turut serta berjumlah 105 sebenarnya 145 tenaga pendidik.

Stakeholder pendidikan akan memberikan sanksi moral kepada Bupati/Wali Kota pertanda mereka membatasi kemampuan guru selama satu tahun.

Tenaga pendidik yang telah lolos seleksi akan maju tingkat Nasional sebanyak 23 orang pada 12-19 Agustus 2016 nanti.

Tambah Sualang, Bupati/Wali Kota sebaiknya melihat kegiatan lomba pendidikan seperti ini baik siswa dan guru harus diprioritaskan, Bagaimana memajukan tetapi pemerintah tidak bisa menginstruksikan,”kunci Sualang.

Hingga pagi ini, Manadoline belum menerima informasi terkait alasan ketidakhadiran empat Kabupaten tersebut. (srikandipangemanan)