IKLAN

e-KTP Salah Satu Syarat Untuk Dapat Dana Duka 2017


Kadisdukcapil Mitra David Lalandos

Kadisdukcapil Mitra David Lalandos

RATAHAN — Masyarakat Minahasa Tenggara (Mitra) bakal dapat santunan dana duka pada 2017 nanti. Namun untuk mendapatkan santunan tersebut, masyarakat harus memiliki e-KTP. Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Mitra David Lalandos, Minggu (28/8).

“Bila tidak ada e-KTP berarti tidak terdata dalam database Sistem Informasi Administrasi dan Kependudukan (SIAK), maka tidak bisa menerima santunan duka dari Pemkab Mitra,” ucap Lalandos.

Dia menjelaskan biasanya penduduk yang belum terdaftar adalah yang baru pindah tempat, atau baru lahir, untuk itu dia menyarankan untuk segera melakukan perekaman.

“Oleh sebab itu bagi penduduk yang belum terdaftar seperti baru lahir, pindah atau memang sampai saat ini belum terdata dalam database harus segera mendaftar. Tentunya yang baru lahir didaftarkan oleh orangtua,” terangnya.

Dia menegaskan, batas waktu untuk melakukan perekaman e-KTP hingga 30 September nanti.

“Kalau tidak melakukan perekaman e-KTP hingga 30 September nanti, maka secara otomatis data warga tersebut akan non-aktif dalam data base SIAK,” jelasnya.

Menurutnya e-KTP sangat penting, karena jika tidak ada e-KTP maka, masyarakat tidak dapat mengurus dokumen seperti akte catatan sipil dan dokumen menyangkut pelayanan publik lainnya.

“Selain tidak mendapat santunan dana duka, masyarakat yang tidak memiliki e-KTP akan kesulitan untuk mengurus dokumen seperti akte dan dokumen pelayanan publik,” ungkapnya.

Mewakili Pemkab Mitra dalam hal ini Bupati James Sumendap SH, Lalandos mengajak masyarakat Mitra untuk datang melakukan perekaman e-KTP di Kantor Disdukcapil atau lokasi pelayanan Perekaman KTP mobile yang sudah disiapkan dan perekaman tersebut tidak dipungut biaya.

“Marijo ba rekam KTP, karena Dukcapil Mitra akan berusaha membantu secara Inovatif, mudah, cepat, akurat dan gratis,” tukasnya. (fensen)

 

Manado Fiesta 2017