IKLAN

Dukung Gerakan Nasional Nontunai, BI Sosialisasi Elektronifikasi Keuangan Daerah


BI saat melakukan sosialisasi elektronifikasi keuangan daerah untuk mendukung Gerakan Nasional Nontunai

BI saat melakukan sosialisasi elektronifikasi keuangan daerah untuk mendukung Gerakan Nasional Nontunai

MANADO—Bank Indonesia mendorong pemerintah daerah Sulawesi Utara mengoptimalkan penggunaan transaksi nontunai, guna mendukung program Gerakan Nasional Nontunai yang digalakkan pemerintah.

Kepala Perwakilan BI Sulut Luctor Tapiheru mengatakan, peran pemda, baik pemerintah provinsi (pemprov) maupun pemerintah kabupaten/kota, sangat diperlukan dalam pengalihan kebiasaan bertransaksi secara tunai menjadi nontunai, terutama untuk transaksi dalam nominal besar. “BI berupaya mewujudkan less cash society, yakni masyarakat yang dalam melakukan transaksi keuangan, menggunakan instrumen dan sarana pembayaran nontunai,” ujar Tapiheru.

Saat ini ditambahkan Tapiheru, implementasi GNNT tersebar dalam berbagai program kementerian, pemda, dan sejumlah perusahaan. “Dengan elektronifikasi keuangan pemda, diharapkan, dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas transaksi keuangan daerah. Selain itu, sistem nontunai juga dapat membuka akses masyarakat untuk terhubung dalam layanan keuangan, serta mendekatkan lembaga keuangan kepada masyarakat hingga area terpencil,” harap Tapiheru. (alen)