IKLAN

DPRD Paripurnakan 15 Usulan Ranperda Pemkot Manado


Pimpinan DPRD saat memimpin rapat paripurna.

Pimpinan DPRD saat memimpin rapat paripurna.

MANADO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado, Selasa malam melaksanakan rapat paripurna dengan agenda pembacaan rencana kerja (renja) dan program legislasi daerah (prolegda).
Ketua DPRD Kota Manado Nortje Van Bone mengatakan, paripurna ini terkait dengan berbagai usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pemerintah kota (Pemkot) Manado sebelum dilakukan penetapan oleh DPRD.
“Rapat paripurna ini, untuk mendengarkan usulan Ranperda baik dari pemkot dan inisiatif dewan yang belum ditetapkan mengingat ada beberapa hal yang perlu untuk ditandatangani,” katan Nortje Van Bone.
Sekretaris Badan Legislasi (Baleg) DPRD Kota Manado Stenly Tamo, yang membacakan usulan prolegda menyampaikan ada 15 usulan Ranperda dari Pemkot Manado melalui Bagian Hukum dan Perundang-undangan Sekretariat Daerah.
“Ada 15 usulan Renperda dari pemerintah kota, dan 2 usulan perda inisiatif dari DPRD Kota Manado terkait dengan Pedoman Pembentukan Kepala Lingkungan (Pala) dan Penanganan Air Limba di Kota Manado,” ungkap Tamo.
Ketua Baleg DPRD Kota Manado Tonny Rawung, menjelaskan sebenarnya usulan Ranperda dari Pemkot Manado berjumlah 21, akan tetapi hasil komunikasi bersama hanya 15 yang akan dibacakan. “Sebenarnya jumlah keseluruhan 21 Ranperda usulan Pemkot, tapi 15 yang dibacakan karena hanya itu yang sudah dimasukan anggaran oleh masing-masing SKPD, sementara sisanya tidak,” jelas Rawung. (christian).