IKLAN

DPRD Ngotot Dilibatkan dalam Pemilihan Direksi BUMD


MANADO-Pembahasan Ranperda BUMD, Senin (16/5) berlangsung alot. Khususnya pembahasan Pasal 13 ayat 2 tentang pemilihan kepala Direksi BUMD. Pansus ngotot dalam Fit and Propert Test (FPT) dimasukan unsur DPRD.

Sekertaris Komisi II, Rocky Wowor saat mengusulkan Unsur DPRD harus dimasukan ketika FPT calon Direksi  PT BUMD

Sekertaris Komisi II, Rocky Wowor saat mengusulkan Unsur DPRD harus dimasukan ketika FPT calon Direksi PT BUMD

Sekertaris Komisi II, Rocky Wowor dalam rapat kemarin dengan tegas menyatakan, jika unsur DPRD harus masuk ketika seleksi Direksi saat melakukan FPT.

” Kami mengusulkan harus ada unsur DPRD bersama dengan pihak eksekutif, akademisi dan praktisi. Mengapa harus ada unsur DPRD karena dewan menginginkan Direksi yang terpilih adalah seorang yang profesional. Karena perusahaan daerah ini mengelolah dana APBD Provinsi, selain itu juga DPRD Sulut adalah sebagai inisiator Ranperda BUMD ini ,” ungkap Wowor.

Masih menurut legislator Bolmong Raya dari Fraksi PDIP, untuk pemilihan Direksi tim penjaringan dalam hal ini dari unsur DPRD, Eksekutif, Akademisi dan praktisi akan menjaring 20 orang.

“Nah, nama-nama ini akan dimasukan ke gubernur. Nanti gubernur yang menentukan siapa yang layak untuk memimpin PT BUMD,” papar Wowor.

Dari pantauan rapat yang dipimpin oleh Ketua Pansus Teddy Kumaat, usulan yang disampaikan Sekertaris Komisi II, Rocky Wowor diterima untuk dimasukan dalam draf Ranperda BUMD.

Sementara itu, Senin (16/5) pansus dan pihak eksekutif Pemprov Sulut dan staf ahli telah selesai melakukan pembahasan semua pasal yang ada di draf Ranperda BUMD.

“Hasil pembahasan ini akan kami konsultasikan ke Depdagri. Jika tidak ada lagi perubahan maka Ranperda BUMD ini akan segera ditetapkan menjadi Peraturan Daerah,” pungkas Kumaat. (mom)

 

Manado Fiesta 2017