IKLAN

Ditetapkan Tersangka, Mantan Kadis PU Bolsel Terseret Pengadaan Mobil Tronton


Ivan R. Bermuli SH, Kasi Pidsus Kejari Kotamobagu. (f-manadoline)

Ivan R. Bermuli SH, Kasi Pidsus Kejari Kotamobagu. (f-manadoline)

KOTAMOBAGU – Satu lagi pejabat Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) terjerat masalah hukum. Pada bulan Maret 2015 lalu oknum Kadis Pertanian dan Peternakan (Pertanak) ZM alias Inal tertangkap main judi mahyong di Mogolaing. Kini SG alias Ril mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bolsel. SG yang kini masih aktif sebagai Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemkab Bolsel resmi ditetapkan menjadi tersangka.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotamobagu menetapkan SG bersama ST (direktur CV Aneka Konstruksi) sebagai tersangka dalam kasus pembelian mobil tronton di Bolsel tahun anggaran 2012 silam.
Penetapan tersangka ini menurut Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Ivan R. Bermuli SH atas hasil penyelidikan yang dilakukan melalui Surat Perintah Penyidikan (Sprindik). “SG mantan Kadis PU serta ST Direktur CV Aneka Konstruksi telah ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Bermuli usai serah terima jabatan Kacabjari Dumoga di Kantor Kejari Kotamobagu, Selasa (14/4).

Masih menurut Kasi Pidsus, pembelian mobil tronton itu terindikasi terjadi mark up dana. Sebab dari hasil pemeriksaan serta penyelidikan ternyata pagu anggaran pembelian mobil tronton senilai Rp 1,2 miliar. Namun hanya dibeli dengan harga Rp 700 juta. Selain itu, setelah diperiksa mobil tersebut tidak sesuai dengan peruntukan, termasuk tidak sesuai dengan medan yang ada. Dia mengatakan kasus ini sudah lama dilakukan penyelidikan oleh Kejari Cabang Dumoga. Makanya sebelum mantan Kacabjari Dumoga pindah tugas ini dirampungkan. (yoan)