IKLAN

Sidak Komisi B DPRD Kota Manado

Ditemukan, Lapak Pasar Bersehati Beralih Fungsi Jadi Kos-Kosan


Sidak Komisi B DPRD Kota Manado

Komisi B DPRD Kota Manado, melakukan sidak di Pasar Bersehati.

Komisi B DPRD Kota Manado, melakukan sidak di Pasar Bersehati.

MANADO –Tindak lanjut dengar pendapat Komisi B DPRD Kota Manado dengan pihak Perusahan Daerah Pasar (PD Pasar), dengan agenda peninjauan pasar bersehati, ditemukan lapak pasar yang sudah beralih fungsi menjadi tempat kos-kosan dan cafe.

Temuan tersebut, membenarkan tudingan anggota Komisi B Nur Rasyid Abdul Rahman, yang menyatakan bahwa terdapat sejumlah lapak yang sudah beralih fungsi di pasar Bersehati.

Wakil Ketua Komisi B Pinkan Nuah, meminta pihak PD Pasar untuk segera menindak tegas penyalagunaan lapak di pasar tersebut karena jelas-jelas melanggar aturan. “Persoalan yang diungkapkan rekan kami serta hasil temuan di lapangan sudah terbukti. Alih fungsi lahan yang seharusnya diperuntukkan untuk berdagang tetapi menjadi tempat kos-kosan bahkan sudah membangun rumah permanen, segera ditindak tegas oleh pihak karena tidak sesuai dengan arutan,” tegas Pinkan.

Polisi PDI Perjuangan ini menambahkan, seharusnya pihak PD Pasar harus cermat melihat kondisi terhadap perkembangan pasar Bersehati, apalagi sudah ada cafe dan tidak memiliki ijin.

“Keberadaan cafe di area pasar Bersehati tersebut seharusnya dapat dicermati pihak PD Pasar, karena bagaimanapun yang memiliki kewenangan menyewahkan lahan mereka sendiri,” terangnya.

Pihak PD Pasar sendiri melalui Yudistira Koordinator ijin lahan, kepada sejumlah wartawan menjelaskan bahwa pihaknya sudah dua kali menegur pemilik cafe, tetapi tidak ditanggapi. “Sudah dua kali kami melakukan teguran kepada pemilik cafe Ci Hoa, tapi tidak ditanggapi,” jelasnya.

Sementara salah satu pemiliki kios ketika dimintakan keterangan oleh sejumlah wartawan mengaku kondisi alih fungsi lahan di pasar Bersehati terjadi karena tidak jelasnya status kepemimpinan di PD Pasar.

“Kondisi pasar jadi begini karena tidak adanya pimpinan di jajaran PD Pasar, terutama yang mengawasi. Kami meminta Walikota segera menunjuk pengganti Dirut PD Pasar agar operasional di pasar ini bisa diawasi,” ungkap pemilik kios yang tidak mau menyebutkan namanya. (christian)