IKLAN

Ditemukan HP dan Pisau di Rutan Malendeng


Sejumlah barang bukti hasil Sidak di Rutan Malendeng, kemarin'

Sejumlah barang bukti hasil Sidak di Rutan Malendeng, kemarin’

MANADO – Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan Tim Gabungan Rumah Tahanan (Rutan) Manado di Malendeng berhasil menemukan sejumlah barang-barang yang dilarang untuk digunakan di penjara.

Selesai pelaksanaan Apel Pagi yang menjadi agenda rutinitas pegawai Rutan Malendeng, Jumat (22/1) Tim Gabungan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) yang dipimpin langsung Kepala Rutan Manado, Akhmad Zaenal Fikri dan Kepala Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban Sonny Gumansalangi langsung menyisir kamar-kamar yang terdapat di sejumlah Blok Hunian.

Pengeledahan yang melibatkan puluhan petugas yang terdiri dari KPR, Pelayanan Tahanan, Kegiatan Kerja dan Pengelolahan itu, berhasil menemukan sejumlah handphone, charge handphone, pisau, rice cooker, wajan Teflon, kartu, gunting, kabel USB, tang, pisau dumpul dan pembungkus kartu simpati.

‘’Sidak ini akan kami lakukan secara rutin dan periodik, agar di Rutan ini tidak ada lagi barang-barang yang dilarang beredar,’’ ujar Zaenal Fikri usai Sidak yang membuat kaget semua warga hunian itu. Barang Bukti (Babuk) hasil penggeledahan yang telah dikumpulkan dan langsung dibikin Berita Acara Penggeledahan (BAP) untuk dilaporkan ke Kanwil Hukum dan HAM Sulut.

‘’Sesuai ketentuan barang yang dilarang, tidak boleh ada sama sekali disini. Oleh sebab itu, Sidak akan kami lakukan secara Rutin,’’ ungkap pria asal Lombok itu lagi.

Sedangkan Sonny Gumansalangi, yang juga Kepala Pengamana Rutan menjelaskan, bahwa tidak ada kompromi kepada semua Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang kedapatan membawa barang-barang yang sudah jelas-jelas dilarang, terutama handphone. ‘’Apalagi, kami mendapatkan 4 pisau. Itu jelas-jelas tidak diperbolehkan,’’ tambahnya.  (ekaputra)