IKLAN

Ditangkap Polres di Jakarta, Mantan Bupati Bolmong Batal Ditahan Kejari Kotamobagu


 

MMS alias Butet Saat Keluar dari Ruangan Penyidik Pidsus Kejari Kotamobagu. (f-yoan/manadoline)

MMS alias Butet Saat Keluar dari Ruangan Penyidik Pidsus Kejari Kotamobagu. (f-yoan/manadoline)

KOTAMOBAGU – Setelah sekian lama menanti tersangka dugaan korupsi Tunjangan Perangkat Aparatur Pemerintah Desa (TPAPD) Kabupaten Bolmong, MMS alias Butet, resmi dilimpahkan penyidik kepolisian ke Kejari Kotamobagu, Senin (1/6) pukul 09.00 Wita.

Bupati Bolmong dua periode tersebut diserahkan ke Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Kotamobagu oleh Kasat Reskrim Polres Bolmong AKP Iver Son Manossoh SH dan Kanit Tipikor Aipda Poldi Sihotang serta dikawal sejumlah aparat kepolisian.

Menariknya juga Butet sapaan akrab tersangka ke kantor kejaksaan diantar keluarga, kerabat dekat serta pengacaranya. Juga putra sulungnya yang juga anggota DPR-RI Aditya Anugerah Moha (ADM) ikut mendampingi.

Sementara Kasi Pidsus Ivan R. Bermuli SH mengatakan kondisi kesehatan Butet tak memungkinkan untuk dilakukan penahanan. Bahkan katanya, tekanan darah tersangka Butet naik setelah dua kali diperiksa. “Rencana mau ditahan, namun kondisi tidak memungkinkan. Kami tak mau mengambil resiko.

Selama berada di ruangan, dia (Butet) mual-mual. Setelah lama berkoordinasi dengan tim, dan tim sepakat tidak dilakukan penahanan,” tegas Ivan sambil menyebut kondisi kesehatan Butet ada catatan medis oleh dokter dari Jakarta yakni di empedu, ginjal dan radang otak.

Selanjutnya politisi Golkar tersebut digiring ke ruangan pidsus yang terdapat di bagian belakang gedung kejari untuk pemeriksaan secara tertutup. Hampir empat jam penyidik pidsus memeriksa oknum ketua DPD II Golkar Bolmong itu. “Selaku warga negara yang taat hukum saya menghargai proses hukum,” ujar Butet usai keluar dari ruangan Kajari Kotamobagu Fien Ering SH MH.

Informasi berkembang Bunda ditangkap di Jakarta oleh penyidik Polres Bolmong pada Sabtu (29/5) di salah satu pusat perbelanjaan. Kemudian istri almarhum Syamsuddin ‘Kudji’ Moha itu dibawa ke Manado dan menginap semalam di rumahnya di Desa Tateli Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa.
Sekadar diketahui mantan Ketua Umum Persibom Bolmong itu terjerat kasus TPAPD tahun anggaran 2009-2010. Sejumlah pejabat ikut terjerat dan sudah menjalani vonis pengadilan. Saat ini Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bolmong Drs Farid Asimin MAP tengah proses sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Manado. (yoan)

 

Manado Fiesta 2017