IKLAN

Disparbud Sulut Genjot Desa Wisata


MANADO-Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), Ir Happy Korah mengatakan masyarakat pedesaan harus lakukan revolusi mental guna pengembangan wisata.

 Wagub mengarahkan para peserta untuk serius membantu pemerintah dalam pengembangan dunia pariwisata, itu semua demi kemajuan Sulut dan masyarakat khususnya

MENGARAHKAN: Wagub Steven Kandouw (kiri) didampingi Kadis Disparbud Ir Happy Korah (kanan) berharap para peserta untuk serius membantu pemerintah dalam pengelolahan Desa Wisata, Rabu (16/3) (foto:Ist)

Hal ini berkaitan peningkatan masyarakat dalam menghadapi Desa Wisata. Lanjut Korah revolusi mental dimaksudkan agar menghadapi desa wisata Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat yang tinggal di pedesaan betul-betul disiapkan secara matang.

Ketika ditanyai, kenapa ornamen-ornamen kebudaayaan hampir punah disetiap daerah masing-masing, apalagi mengadapi Desa Wisata?

Memang, Dinas Pariwisata akan menggenjot supaya disetiap daerah apalagi di pedesaan harus menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan yang jadi ciri khas misalnya Minahasa dengan ornamen Burung Manguni, begitu misalnya dengan Sangihe Talaud,”jelas Korah kepada wartawan, Rabu (16/3).

Saat seminar pengembangan profesionalisme SDM bidang kepariwisataan melalui pengelolaan Desa pariwisata oleh Disparbud di hotel Grand Puri Manado. Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw menambahkan jika pariwisata suatu daerah bisa berkembangan itu dapat ditingkatkan melalui pengolahan Desa Wisata.

“Gali potensi di daerah masing-masing, tingkatkan SDM. Ini dapat mendorong pariwisata, juga dibutuhkan koordinasi dengan SKPD-SKPD terkait agar kemajuan Sulut tak dipandang sebelah mata,”kunci Kandouw. (srikandipangemanan)

 

Manado Fiesta 2017