IKLAN

Disdukcapil Mitra Fasilitasi Ditjen Dukcapil Kemendagri Lakukan Sosialisasi KIA


 

Asisten I Drs Gotlieb Mamahit (tengah) saat membuka sosialisasi KIA didampingi Kadisdukcapil David Lalandos AP MM (kanan). Dan pembawa materi dari Ditjen Dukcapil Kemendagri Bidang Pendaftaran Penduduk Maharani (kanan).

RATAHAN — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Didukcapil) Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA) di gedung Kantor Bupati Mitra, Senin (9/10/2017).
Kepala Disdukcapil David Lalandos AP MM menjelaskan, sosialisasi terkait KIA tersebut diprakarsai oleh Direktorat Jendral (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bidang Pendaftaran Penduduk.
“Kami hanya menyiapkan tempat saja untuk mereka melakukan sosialisasi,” sebut Lalandos.
Lanjut, dalam sosialisasi tersebut dijelaskan, KIA nantinya bukan hanya sebagai identitas anak, namun bisa memberi manfaat lebih.
“Jadi kedepan, dengan KIA anak-anak akan lebih dipermudah dari segi layanan dan mendapat diskon ketika membeli sesuatu menyangkut kebutuhan,” terang Lalandos.
Kadis Disdukcapil Mitra mencontohkan kebutuhan anak yang akan dipermudah dengan KIA. “Misalnya dengan mereka membeli buku bisa mendapat diskon, atau membeli obat diapotik. Juga membeli perlengkapan bayi pun diharapkan akan mendapat diskon,” papar Lalandos.
“Nanti akan kami lihat pihak-pihak mana yang bisa diajak kerjasama, karena semua ini untuk membantu anak-anak di Mitra,” tambahnya.
Sementara itu, utusan dari Ditjen Dukcapil Kemendagri Bidang Pendaftaran Penduduk Maharani berharap, manfaat KIA tersebut jika terwujud maka akan banyak manfaat yang akan didapat.
“Mudah-mudahan apa yang telah direcanakan ini dapat secepatnya terwujud karena semua untuk anak-anak,” terangnya.
Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka oleh Asisten I Mitra Drs Gotlieb Mamahit dan dihadiri oleh UPT Puskesmas, UPT Dinas Pendidikan. (fensen)

 

Manado Fiesta 2017