IKLAN

PARIWISATA TAMAN LAUT BUNAKEN

Dinilai Semakin Krusial, Ini Kendala Serius OD-SK Hingga Curhat ke Menteri Maritim


PARIWISATA TAMAN LAUT BUNAKEN

JAKARTA-Target dua tahun kedepan objek wisata pulau Bunaken akan temui titik terang, walaupun ditemui kendala serius yang harus dievaluasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam hal pengembangan pariwisata.

Dimana Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya RI Rizal Ramli dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandow (OD-SK) melihat kendala dihadapi saat ini mengakibatkan kerusakan alam di pulau Bunaken.

Rizal Ramli: Perbaiki Kembali Potensi Pariwisata Sulut

Berdampak pada turunnya potensi kunjungan wisatawan. Kendala tersebut telah di survei tim khusus dilapangan.

Masalah paling krusial menyebabkan rusaknya lingkungan taman laut Bunaken dan alam sekitar pulau adalah sampah kriman dari Manado, Minahasa dan Minahasa Utara (Minut),”tutur Dondokambey saat berada di Kementerian Maritim dan Sumber Daya RI, Jumat (9/4).

Lanjutnya khusus untuk daerah aliran sungai (DAS) Tondano, akan dilakukan perbaikan agar masyarakat tidak membuang sampah berujung mengotori teluk Manado hingga taman laut Bunaken.

Disamping itu akan dilakukan perbaikan dalam manajemen organisasi pengelolaan lokasi wisata taman laut Bunaken, guna menunjang pengoperasian kawasan wisata taman laut Bunaken lebih jelas dan dapat juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. (Kandi/hm)