IKLAN

Dinilai Pas Jabat Dirut PD Pasar, Ini Penilaian Pedagang Terhadap Irwan Olii


image

Irwan Olii

MANADO – Pasca Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar, Jemmy Kowaas tersandung masalah hukum dan hingga kini menghuni sel tahanan, jabatan orang nomor satu di perusahaan daerah milik Pemkot Manado itu belum terisi. Kekosongan jabatan Dirut PD Pasar tersebut spontan membuat PD Pasar banyak dililit masalan internal.

Mulai dari pembayaran gaji yang tertunda-tunda hingga masalah paling gres sehari sebelum perayaan Idul Fitri baru-baru ini, yakni soal pembayaran honor dan THR petugas kebersihan sampai PD Pasar menuai protes keras dari puluhan petugas kebersihan. Tak mau masalah di PD Pasar ini berlarut-larut, sejumlah tokoh pedagang di Pasar Bersehati pun meminta kepada Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut, jabatan Dirut PD Pasar sudah mendesak segera diisi.

Saat ini banyak kandidat dinilai cocok pimpin PD Pasar, namun salah satu sosok yang selama nyaris terlupakan adalah Irwan Olii. Menurut Rahmat AS, salah satu tokoh pedagang Pasar Bersehati, Olii juga pernah duduk dalam Direksi PD Pasar beberapa tahun lalu. “Saya rasa beliau juga tau bagaimana mengelola atau memenej direksi PD Pasar karena beliau pernah jabat Dirut PD Pasar,”  kata Rahmat sambil menambahkan, ketika PD Pasar dijabat Olii ketika itu hampir tak ada permasalahan.

Usman Tambu, juga menyetujui adanya perombakan jajaran direksi PD Pasar. Dia beralasan, dengan melihat perkembangan pasar tradisional di Manado, kondisinya saat ini semakin menjijikan dikunjungi. “Dengan kondisi begini, kami sebagai tokoh pedagang tak henti-hentinya memberikan solusi kepada Pemkot mengenai manajemen dan penataan pasar. Yang harus dilakukan Pak Wali Kota, perombakan secara total jajaran Direksi PD Pasar,” tegas Usman.

Saat ini menurutnya, PD Pasar butuh pemimpin yang profesional dan sosok yang pas adalah Irwan Olii. “Beliau kami anggap mampu memimpin pasar karena pengalamannya sebagai Dirut beberapa tahun lalu,” ujar Usman. Dirinya membayangkan kepemimpin Olii ketika itu, PD Pasar mampun menyedot PAD (Pendapatan Asli Daerah) Rp1,5 miliar. Karyawan sejahtera, gaji tak pernah terlambat. Pedagang tertata rapi dan kebersihan pasar terjamin. “Oleh karena itu, kaki atas nama pedagang berharap kepada wali kota, sosok Irwan Olii sangat dibutuhkan para pedagang dan karyawan PD pasar,” tegas Rahmat dan Usman. (antoreppy)

 

Manado Fiesta 2017