IKLAN

Dikenal Dosen Fenomenal, GSVL Merasa Kehilangan Almarhum Mneer Anto


Wali Kota Vicky Lumentut (batik biru kiri) menghadiri upacara pelepasan almarhum Rianto Maluegha di Auditorium Unsrat, Kamis (12/2) sore kemarin.

Wali Kota Vicky Lumentut (batik biru kiri) menghadiri upacara pelepasan almarhum Rianto Maluegha di Auditorium Unsrat, Kamis (12/2) sore kemarin.

MANADO—Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) merasa kehilangan sosok Dr Rianto Maluegha SH MH, yang telah lebih dulu dipanggil Sang Pencipta. Ikut merasakan duka yang mendalam, orang nomor satu di ibukota Sulut ini meluangkan waktu menghadiri upacara pelepasan almarhum Rianto Maluegha di Auditorium Unsrat, Kelurahan Kleak Kecamatan Malalayang, Kamis (12/2) sore kemarin.
Jenazah yang dibawa dari rumah duka di Maumbi, disambut Walikota GSVL bersama keluarga besar civitas akademika Unsrat. “Saya kenal Mneer Anto—sapaan akrab almarhum—sebagai dosen yang suka bergaul dengan semua kalangan, baik dengan sesama dosen telebih dengan mahasiswa, apalagi mahasiswa Fakultas Hukum,” ujar Walikota GSVL saat berbincang-bincang dengan sejumlah dosen Fakultas Hukum Unsrat.
Yang lebih dikenang Walikota GSVL terhadap sosok Mneer Anto adalah jiwa sosial dan kesetiakawanan yang ditunjukan almarhum semasa hidup. “Yang saya tahu beliau dosen fenomenal dan nyentrik. Almarhum itu banyak teman, tidak pilih-pilih teman, sehingga beliau tidak ditinggalkan teman-temannya. Lihat saja, sejak meninggal sampai saat ini (disemayamkan di Unsrat, red), banyak sekali yang datang,” ucap Walikota.
Usai dari Auditorium Unsrat, GSVL ikut menghantar jenazah almarhum untuk disemayamkan di Fakultas Hukum Unsrat. Bahkan tak diketahui protokoler dan patwal, Walikota langsung naik berboncengan dengan salah satu pengendara motor untuk iring-iringan mengahtar jenazah ke Fakultas Hukum Unsrat. “Bukang main dang torang pe pak Wali ini, kage-kage so nae pa kita pe motor mo iko rombongan mo antar jenazah. Kita lei kage. Mantap pak Wali, so musti bagitu tu pemimpin,” ujar pria yang mengaku nama Bobby, pria yang membonceng GSVL.
Yang dikagumi juga dari sosok almarhum Mneer Anto, beberapa tahun terakhir ini aktif di pelayanan gereja, dimana sampai menghembuskan nafas terakhir, Mneer Anto dipercayakan Tuhan dan jemaat menjabat Ketua (Penatua) Pria/Kaum Bapa (P/KB) GMIM Getsemani Maumbi. Keluarga almarhum pun salut dengan Walikota GSVL yang datang ke persemayaman almarhum. “Makase pak Wali so datang lia torang pe sudara ini (almarhum, red),” ucap salah satu keluarga almarhum.