IKLAN

Dieksekusi PN Kotamobagu, TNI AL Sah Pemilik Lahan 100 Ha Lebih di Sangkub Bolmut


 

Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu. (f-manadoline)

Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu. (f-manadoline)

KOTAMOBAGU – Pangkalan Utama VII TNI AL sebagai penggugat memenangkan lahan seluas 100 hektare lebih yang berlokasi di Desa Pangkusa Kecamatan Sangkub, Bolmut, Jumat (10/4). Eksekusi yang sempat tertunda beberapa kali tersebut dilakukan Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu yang dipimpin ketuanya I Dewa Made Budi Watsara SH, beserta Juru Sita Tompinkat Manoppo, Panitera Muda Perdata Markus M. Leode SH dan Panitera Sekretaris Rietha Verra Karow SH.
Pihak penggugat dari TNI AL Manado hadir pada eksekusi tersebut yang diwakili Kolonel Edi Eka Susanto, Letkol Wahyu Nugroho dan beberapa perwira lainnya. Sementara pihak tergugat yakni Pinsen Datunsolang Cs tidak hadir, namun pelaksanaan eksekusi tetap berjalan dengan aman. “Para tergugat tidak hadir karena lagi panen. Mereka sudah ikhlas atas eksekusi lahan tersebut, mereka sudah dibicarakan baik-baik bersama kami,” ungkap Kolonel Susanto.
Ketua PN Kotamobagu mengatakan proses eksekusi tersebut atas putusan PN Kotamobagu tanggal 4 Mei 2009, Nomor 46/Pdt.G/2008/PN.Ktg. jo Putusan Pengadilan Tinggi Manado, Tanggal 2 Nopember 2009 Nomor 112/Pdt/2009/PT.Mdo. “Eksekusi ini sudah lama dan beberapa kali tertunda sejak putusan tahun 2009. Nanti tahun 2015 ini pelaksanaannya sukses berjalan aman dan lancar. Saya berterima kasih kepada Ibu Sangadi (Kepala Desa, red) Pangkusa, Kapolsek Sangkub, Camat Sangkub serta anggota TNI Angkatan Laut,” pungkas Watsara sembari menegaskan sejak dieksekusi tanah tersebut adalah sah milik TNI AL. (yoan)

 

Manado Fiesta 2017