IKLAN

Diduga Korban Pilkada, JM-SS ‘ Pecat’ Puluhan CPNS dan Tenaga Kontrak


MANADO-Puluhan tenaga kontrak dan CPNS dari Kota Tomohon, Senin (15/8) datang menuntut keadilan di DPRD Sulut, setelah mereka ‘dipecat’ oleh Wali Kota Tomohon Jemmy Eman dan Wakil Wali Kota Sherly Sompotan.

Kedatangan 12 CPNS dan 84 tenaga kontrak ini diterima  oleh Komisi 4 membidangi Kesejahtraan ( Kesra).

Dari pantauan manadoline, Komisi 4 (15/8) langsung mengelar hearing dengan Pemkot Tomohon dan para tenaga kontrak dan CPNS. Yang hearingnya dipimpin oleh Sekertaris Komisi, Fanny Legoh.

Hearing Komisi 4 dengan Pemkot Tomohon dan Perwakilan Pemkot Tomohon dan CPNS serta Tenaga Kotrak yang diberhentikan

Hearing Komisi 4 dengan Pemkot Tomohon dan Perwakilan Pemkot Tomohon dan CPNS serta Tenaga Kotrak yang diberhentikan

Dari penturan Philep D Worang calon CPNS K2, dirinya sudah bekerja di Pemkot Tomohon sejak tahun 2003. Namun tanpa alasan yang jelas, Pemkot Tomohon usai Pilkada tahun 2015 memberhentikan dirinya bersama puluhan tenaga kontrak dan CPNS.

” Kami diberhentikan katanya diduga karena tidak mendukung calon terpilih ketika Pilkada lalu. Padahal kami sebagai CPNS diwajibkan untuk bersikap netral sesuai undang-undang ASN,” tutur Philep dengan raut wajah memerah ketika hearing lalu.

Kepala BKD Kota Tomohon, Hasna Pioh ketika dimintai keterangan oleh Komisi 4, tentang pemberhentian 12 CPNS dan 84 Tenaga Kontrak. Dengan entengnya menjelaskan, bahwa pemberhentian itu karena Pemkot sudah tidak memiliki anggaran untuk membayar gaji mereka.

Namun sangat memiriskan, alasan Pemkot sudah tidak memiliki anggaran tetapi menerima lagi tenaga kontrak di Pemkot Tomohon.

Mendengarkan pengaduan dari tenaga kontrak dan CPNS dan mendengarkan penjelasan Kepala BKD, Komisi 4 pun akhirnya mengeluarkan rekomendasi.

Rekomendasi yang dibacakan oleh anggota Komisi 4, Herry Tombeng adalah meminta agar Pemkot Tomohon untuk mengembalikan para tenaga kontrak dan CPNS untuk kembali bekerja.

” Tomohon dikenal dengan Kota Reliji. Jadi lepaslah semua aturan marihlah kita tempatkan kasih kepada para tenaga kontrak dan CPNS. Kasihan mereka bekerja sudah puluhan tahun tapi tidak ada penghargaan buat mereka,” kata Tombeng.

Dari data yang ada para tenaga kontrak dan CPNS bekerja sebagai perangkat Kelurahan  dan Limnas.

Komisi 4 yang menghadiri hearing, Wakil Ketua Inggrid Sondakh, Sekertaris Fanny Legoh, Herry Tombeng, Yongki Limen,Jeany Mumek, Rita Lamusu, Siska Mangindaan dan Lucia Taroreh sebagai anggota.(mom)

 

Manado Fiesta 2017
  • Nunik Isyati

    INFO KELULUSAN CPNS 2016 :
    HUBUNGI Bpk Drs Warli, M.Si
    (Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) BKN PUSAT Jakarta..
    Tlpn : 0812-4263-6841.
    Setelah saya mencoba memhubungi Bpk Drs Warli, M.Si Sebagai Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) BKN PUSAT Jakarta..
    dengan No.TLP. 0812-4263-6841. walaupun awalnya saya ragu, tapi saya tetap memberanikan diri dan alhamdulillah saya bisa lulus CPNS..
    Terima kasih bnyk buat Bpk Drs Warli, M.Si (Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) BKN PUSAT Jakarta.. yg sudah banyak membantu saya untuk kelulusan CPNS 2015 kemaren.
    Ujian CPNS kemarin adalah merupakan ujian CPNS kali kelima yang pernah saya ikuti.
    Alhamdulillah tercapai sudah cita cita saya untuk menjadi abdi negara setelah sebelumnya selalu gagal dalam test.

    Bagi calon pelamar CPNS 2016. Jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah, Anda langsun kordinasi Kepala Sekertariak Panitia Di Pusat BKN,Bpk Drs Warli, M.Si.
    (Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) No Tlp: 0812-4263-6841.
    Terima kasih…..

  • Yati Suryati

    Saya ingin berbagi pengalaman kepada teman dan rekan-rekan honorer lainnya dari berbagai instansi pemerintah baik itu guru, dokter, perawat, bidan, dll sebagainya yang sudah mengabdikan dirinya baik sebagai tenaga pengajar dan pendidik ataupun sebagai tenaga kesehatan/medis minimal 7 tahun masa bakti tetapi kesulitan lulus dan gagal jadi PNS, saya sarankan anda untuk menghubungi Direktur Pengadaan dan Kepangkatan PNS BKN ( Badan Kepegawaian Negara ) pusat yaitu bapak Aidu Tauhid SE., SMi., dinomor telepon 0812-4263-6658, beliaulah yang membantu kelulusan saya jadi PNS pada bulan juli 2016 kemarin lewat jalur khusus yang bukan pendaftaran umum dan andapun akan dibantu jika memang sudah memenuhi kriteria dan memang layak untuk jadi pns, semoga bermanfaat amien…