IKLAN

Dianggap Ilegal, Galian C Tanoyan Dihentikan BLH Bolmong


 

Galian C (ilustrasi)

Galian C (ilustrasi)

BOLMONG – Langkah tegas dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bolmong. Menyusul laporan warga dan hasil temuan di lapangan, aktivitas pengerukan material sungai tanpa izin di hulu Sungai Tanoyan Kecamatan Lolayan resmi dihentikan.

Kepala BLH Ir Moh. Yudha Rantung mengatakan penghentian aktivitas itu setelah pihaknya melihat turun langsung di lapangan. “Selain ilegal alias tanpa izin, warga sekitar mengeluhkan kegiatan tersebut,” ujarnya, Rabu (7/10).

Selain itu jelasnya, fakta lain di lapangan aktivitas pengerukan material itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang memiliki kegiatan di wilayah itu. “Di situ memang ada kegiatan proyek yang sedang dikerjakan salah satu perusahaan. Material ini diangkut dari sungai untuk keperluan proyek itu,” sebut Yudha, kemarin.

Sementara itu aktivitas galian C memang diatur dalam regulasi. Namun, untuk kepentingan tertentu ada batas tolerirnya. “Galian yang bisa ditolerir antara lain untuk kepentingan normalisasi sungai serta kegiatan yang metrialnya untuk dimanfaatkan pada kegiatan pembangunan di lokasi itu sendiri. Tentu dengan pengunaan jumlah yang terbatas juga,” pungkasnya. (yoan)

 

Manado Fiesta 2017