IKLAN

Di Sulut Hanya Manado Diakui Dirjen Capilduk, Sistem Administrasi Kependudukan Standar Internasional


Kadiscapilduk Kota Manado, Hans Tinangon melayani data kependudukan masyarakat Kota Manado

Kadiscapilduk Kota Manado, Hans Tinangon melayani data kependudukan masyarakat Kota Manado

MANADO – Pemerintah dan masyarakat Kota Manado patut berbangga. Sistem Administrasi Kependudukan yang dikelola Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Manado selama ini tuai prestasi.

Ini  setelah Dirjen Kepedudukan dan Catatan Sipil selesai melakukan proses sertifikasi Sistem Administrasi Kependudukan berstandar internasional, Kota Manado satu-satunya daerah di Sulut masuk 10 besar Kabupaten/Kota Se Indonesia.

Ke-10 Discapilduk se Indoensia yang disertifikasi berstandar internasional system administrasi kependudukan selain Kota Manado, ada Discapilduk Panajam Paser Utara, Kaltim, Discapilduk Kubu Raya, Kalbar, Kota Pangkal Pinang Bangka Belitung, Kota Mataram, Ternate, Kabupaten Serdang Bedagai Sumut, Kabupaten Musi Rawas Sumsel, Kota Tanggerang Selatan dan Kota Malang.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil melalui Sekjen, Ir. I Gede Suratha, MMA telah menyurat ke Pemkot Manado untuk menghadiri penyerahan sertifikat ISO 9001:2008.

Kadiscapilduk Kota Manado, Hans Tinangon dikonfirmasi membenarkan telah menerima surat undangan dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil. “Penyerahan hadiahnya tanggal 16 Maret di Mataram,” kata Tinangon yang akan menerima sertifikat ISO mewakili Wali Kota Manado.

Tinangon sendiri kaget Kota Manado salah satu dari 10 daerah di Indonesia diakui berstandar Internasional. “Memang bulan Agustus dan September dari dari pusat datang melakukan sertifikasi. Tapi saya belum mengharapkan akan masuk 10 besar. Sama sekali tidak,” kata mantan Kepala BKD Pemkot Manado ini.

Ada beberapa poin menjadi kategori penilai dalam kepengurusan system administrasi ketika itu. Diantaranya soal prosedur kepengurusan, system dan pelayan termasuk SDM (Sumber Daya Manusia).

“Saya akui, untuk pelayanan, SDM kami masih kurang. Dan saya berjanji akan melakukan reformasi system pelayan di Discapilduk Kota Manado mulai sekarang. Kan malu, mendapat sertifikat ISO karena diakui system administrasi kependudukannya berstandar internasional tapi SDM-nya kurang,” pungkas Tinangon. (antoreppy)