IKLAN

Di Hari Kartini, Renty Mokoginta, Johanis Lepa dan Alow Terima Penghargaan PNS Pemkab Bolmong Berprestasi


 

Bupati Salihi Mokodongan Menyerahkan Piagam Penghargaan kepada PNS Berprestasi. (f-humas bm)

Bupati Salihi Mokodongan Menyerahkan Piagam Penghargaan kepada PNS Berprestasi. (f-humas bm)

BOLMONG – Rangkaian kegiatan digelar Pemkab Bolmong. Selain melaksanakan upacara Hari Kartini ke-136 yang jatuh pada Selasa 21 April 2015, jajaran birokrat kabupaten induk tersebut juga menggelar Hari Konsumen Nasional serta apel Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia). Hadir dalam kesempatan ini Bupati Hi Hi Salihi B. Mokodongan, Wakil Bupati (Wabup) Yanny Ronny Tuuk STh MM, Ketua DPRD Welty Komaling SE MM, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Drs Farid Asimin MAP, staf ahli, para assisten, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), PNS serta para peserta didik.

Dalam amanatnya selaku inspektur upacara (irup) Bupati Salihi mengingatkan kembali arti perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam mensejajarkan harkat, martabat dan kedudukan perempuan, patut menjadi suri tauladan dan motivasi bagi kita semua, terutama kaum perempuan masa kini sebagai generasi penerus perjuangannya.

“Perjuangan Kartini menjadi inspirasi bagi kaum perempuan Indonesia, tidak kenal menyerah, tetap bersahaja, dengan tidak meninggalkan kodratnya sebagai seorang perempuan,” ujar bupati. Bupati Mokodongan juga mengatakan dalam kaitan pembangunan di Kabupaten Bolmong, khususnya pemberdayaan kaum perempuan, banyak program pembangunan yang membutuhkan partisipasi kaum perempuan sebagai motor penggerak, antara lain upaya memberikan pendidikan dasar, peningkatan kesehatan ibu dan anak, menurunkan angka kematian bayi, keikutsertaan perempuan dalam pelestarian lingkungan hidup, dan ikut serta dalam kerjasama global untuk pembangunan.

“Saya mengajak seluruh kaum perempuan di Bolmong, untuk dapat menyikapi perkembangan zaman, dengan menyadari peran dan fungsi perempuan sebagai penerus perjuangan Ibu Kartini. Semoga peringatan Hari Kartini kali ini merupakan momentum kebangkitan kaum perempuan, untuk turut memberikan yang terbaik, bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Bolmong,” tegas bupati serius.
Sementara itu dalam kaitan dengan Hari Konsumen Nasional, yang mengambil tema “Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri” dengan Sub Tema “Konsumen Cerdas dengan Nasionalisme Tinggi, Menggunakan Produk Dalam Negeri”.

Bupati menekankan dua hal penting, yakni: 1) Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan serta kemampuan konsumen, secara mandiri melindungi dirinya sendiri dan lingkungannya, serta nasionalisme tinggi menggunakan produk dalam negeri. 2) Menumbuhkembangkan sikap pelaku usaha yang bertanggung jawab dan mendorong pembentukan jejaring komunitas perlindungan konsumen. Upacara bendera peringatan Hari Kartini kali ini dikomandani oleh Vivie Mourin Rottie SSTP yang juga Kabag Pemdes Setdakab Bolmong.

Dalam kesempatan ini Bupati Mokodongan didampingi wakil bupati dan sekkab menyerahkan secara simbolis piala beserta piagam dan uang tunai, kepada PNS berprestasi. tahun 2015. PNS berprestasi, Renty Mokoginta, Lole Johanis Lepa dan Albert Wiliam Alow. Masih dalam kesempatan yang sama Bupati Salihi juga menyerahkan satu unit kendaraan bus operasional bantuan pemerintah pusat dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI kepada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Pemkab Bolmong. (yoan)

 

Manado Fiesta 2017