IKLAN

Darwanto: Ini Peringatan Keras Bagi Pelaku Ilegal Fishing..!!!


Kapal pelaku ilegal fishing yang ditenggelamkan diperairan Bitung, Rabu (20/5)

Kapal pelaku ilegal fishing yang ditenggelamkan diperairan Bitung, Rabu (20/5)

BITUNG-Penenggelaman 19 kapal pelaku Illegal Unreported and Unregulated (IUU) Fishing oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan di Hari Kebangkitan Nasional, adalah pertanda bahwa penegakan hukum bagi siapa saja yang mencuri atau merusak kekayaan hayati laut NKRI, akan ditindak keras. Ini bukti bagi dunia, bahwa Indonesia tidak main-main dengan nelayan atau perusahaan ikan yang baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang melakukan tindakan melanggar hukum, ilegal fishing diperairan Indonesia.

 

“Pemusnahan kapal pelaku ilegal fishing dengan cara ditenggelamkan, sesuai dengan petunjuk dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI dilaksanakan pada hari Kebangkitan Nasional, hal ini dimaksudkan untuk menyuarakan pada dunia khususnya pelaku ilegal fishing supaya segera menghentikan perbuatannya, ke wilayah teritorial NKRI,” tegas Panglima Armada Timur RI, Mayjen TNI AL Darwanto, Rabu (20/5).

 

Ia menjelaskan, ilegal fishing sama dengan pengrusakan lingkungan yang sangat tinggi, untuk itu kedepan hukumnya akan diperberat. Di Indonesia, perairan Bitung adalah tempat yang paling banyak diminati oleh pelaku ilegal fishing, oleh karena itu pihak TNI AL, Kepolisian, PSDKP dan pihak terkait lainnya agar bersinergi melawan siapapun pelaku ilegal fishing.

 

Hal senada juga dikatakan oleh Dirjen PSDKP Asep Burhanudin, Kementrian Kelautan dan Perikanan RI serta petugas terkait tetap konsisten memberantas pelaku ilegal fishing yang mengakibatkan kerugian negara yang besar. Indonesia negara penghasil ikan, tetapi bukan negara pengeksport ikan didunia.

 

“Pihak Kementrian Kelautan dan Perikanan sudah merencanakan aksi revisi regulasi dan juga sonasi penagkapan ikan. Sedangkan bangkai kapal yang ditenggelamkan, kedepan bisa menjadi tempat berkembang biak ikan yang berada diperairan Kota Bitung,” pungkas Asep. (jones)