IKLAN

Dari ‘Why Nations Fail’, Wali Kota GSVL Sampaikan Salam Damai dan Maju Sulut


Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut sambil berdiri serius mencermati isi Buku ‘Mengapa Negara Gagal’ di sebuah toko buku di jalan Samrat, Senin (15/5/2017)

MANADO – Mencermati perkembangan situasi Bangsa Indonesia belakangan seakan mulai tergerus isu-isu upaya pemecah belah NKRI, bahkan suasana itu mulai berbuntut ke Sulut yang sampai dua hari ini dirasakan masyarakat dengan gelombang aksi unjuk rasa besar-besaran.

Kondisi ini membuat GS Vicky Lumentut (GSVL) harus mampir ke sebuah toko buku di Kota Manado. Itu dilakukan GSVL usai menyelesaikan pekerjaan kesehariannya sebagai Wali Kota Manado, Senin (15/5/2017).

Dia teringat sebuah buku yang isinya membahas kesenjangan nasional antara negera di era modern yang merupakan masalah global terbesar dewasa ini.

‘Why Nations Fail’ atau ‘Mengapa Negara Gagal’. Judul buku itu membuat seorang GSVL harus bolak balik di ruangan besar toko buku di Jalan Samratulangi tersebut untuk mencari buku itu.

“Selesai tugas Negara saya sengaja mampir toko buku. Mari torang banyak membaca dan belajar. Kita akan tenang sambil memantapkan diri hadapi perkembangan lingkungan yang ada,” kata GSVL.

Menurut suami tercinta Rektor UNIMA, Prof. Paula Runtuwene ini, ‘Why Nations Fail’, sebuah buku yang menarik dibaca di tengah perkembangan dunia saat ini.

Buku yang dipublish 13 Maret 2017 berbahasa Indonesia yang diterbitkan Elax Media Komputindo itu, pengarang Daron Acemoglu dan James A. Robinson berhasil membedah salah satu masalah terpenting dalam ilmu social.

Bagaimana awal mula kekuasan, kemakmuran dan kemiskinan diramu dengan kajian sejarah, ilmu politik dan ekonomi dalam buku setebal 608 halaman itu.

“Kita harus memandang dan menyikapi pembangunan ekonomi di zaman yang terus modern sekarang ini. Saya mengajak  kawan-kawan mencermati sikon Kota Manado dan Sulut.  Ajak warga berpikir positif dan jaga keamanan dan kedamaian serta kebersihan lingkungan karena torang samua ciptaan Tuhan,” kata GSVL.

Saat ini menurut GSVL, baik Pemerintah Kota Manado terlebih Pemerintah Provinsi Sulut sedang dan terus bekerja melaksanakan mandat rakyat.

“Kalau ada perbedaan pendapat, mari torang duduk bersama dengan pikiran tenang.  Torang cari solusi . Pemerintah sekarang ini tekadnya mau kerja baik untuk kepentingan rakyat. Salam damai dan maju masyarakat Manado dan Sulut dari saya,” kunci Wali Kota dua periode ini. (antoreppy)