IKLAN

Dampak Moratorium; Pemkot Bitung Mengeluh, Menteri Perindustrian RI Menyesal


Menteri Perindustrian RI Saleh Husein dan Wakil Walikota Bitung Max J. Lomban

Menteri Perindustrian RI Saleh Husein dan Wakil Walikota Bitung Max J. Lomban

BITUNG-Wakil Walikota Bitung M.J Lomban kembali menyampaikan keluhan masyarakat perikanan atas dampak yang diakibatkan kebijakan Moratorium dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI  kepada Menteri Perindustrian RI Saleh Husein, saat mengunjungi Kota Cakalang, Kamis (30/4).

 

Lomban menjelaskan, sektor perikanan di kota Bitung terbentur revisi kebijakan Moratorium sehingga berdampak terhadap produksi sektor industri yang saat ini menurun drastis. Kurangnya pasokan ikan, membuat banyak pabrik tidak bisa berproduksi dan hal ini sangat berpengaruh terhadap dunia industri di Kota Bitung, ditambah lagi dengan persoalan tenaga kerja yang telah dirumahkan maupun diberhentikan.

 

“Kami berharap agar bapak Menteri Perindustrian dapat membantu dengan mengambil langkah strategis atas kebijakan dimaksud, sebab Bitung memiliki potensi kelautan dan perikanan yang sangat besar sehingga menjadikan sektor ini sebagai primadona dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kami berharap revisi Moratorium tersebut segera dicabut,” kata Wawali.

 

Menyikapi hal tersebut, Husein berjanji masalah Moratorium akan dikoordinasikan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). “Memang sangat disesalkan jika sampai sektor industri di Kota Bitung terjadi penurunan drastis, apalagi sampai ada pabrik tutup dikarenkan penerapan suatu kebijakan yang dianggap merugikan masyarakat dan daerah,”  ujar Husein. (jones)