IKLAN

Dampak Moratorium, Anggota DPD RI Kunjungi Bitung


Anggota DPD RI Aryanthi Baramuli Putri saat mengunjungi Pemkot Bitung yang diterima oleh Assisten III Drs. Makson Andalangi

Anggota DPD RI Aryanthi Baramuli Putri saat mengunjungi Pemkot Bitung yang diterima oleh Assisten III Drs. Makson Andalangi

BITUNG-Dampak buruk moratorium Menteri Kelautan dan Perikanan RI terhadap Kota Bitung, menarik perhatian Anggota DPD RI perwakilan Sulut, Aryanthi Baramuli Putri. Didampingi Staf Ahli DPD Jemmy Mananoka, Aryanthi melakukan kunjungan kerja di Pemkot Bitung, Jumat (7/5), untuk mengetahui sejauh mana dampak yang timbul akibat moratorium.

 

Kehadiran Anggota DPD RI diterima oleh Asisten III bidang Administrasi Umum Drs. Malton Andalangi, didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bitung Liesje Macawalang serta Pejabat BPPT-PMD Kota Bitung.

 

Dalam pertemuan tersebut Andalangi menjelaskan kepada Anggota DPD RI, bahwa moratorium Menteri Kelautan dan Perikanan RI sangat berpengaruh bagi perekonomian Kota Bitung, karena sebagian besar penghasilannya dari Perikanan. Termasuk masalah tenaga kerja, dimana banyak buruh perusahaan yang telah dirumahkan.

 

“Kami menjelaskan bahwa Pendapatan Kota Bitung yang sebagaian besar dari perikanan mengalami penurunan akibat moratorium, diantaranya penghentian Surat ijin penangkapan ikan (SIPI) dan surat ijin kapal pengangkut bagi kapal asing atau yang memiliki ABK asing, sehingga banyak buruh pabrik dirumahkan,“ jelas Andalangi, Sabtu (9/5).

 

Ia menambahkan, dalam pertemuan tersebut Aryanthi berjanji akan menyampaikan aspirasi serta masukkan dari Pemerintah Kota Bitung ke Pemerintah Pusat terkait moratorium perikanan ini. (jones)