IKLAN

Curi Buah Kelapa, Opa Gun Honandar di Meja Hijaukan


Opa Gun Gunandar nampak tertunduk saat menjalani sidang perdana di PN Manado. (Foto/saleh.manadoline.com)

Opa Gun Honandar nampak tertunduk saat menjalani sidang perdana di PN Manado. (Foto/saleh.manadoline.com)

MANADO– Malang menimpa Opa Gun Honandar (88), yang Senin (13/7) kemarin harus menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Manado. Pria paruh baya ini diadili atas laporan polisi dari keluarga Erik Samola, karena telah mencuri buah kelapa diperkebunan yang terletak di Kelurahan Molas, Lingkungan III, Kecamatan Bunaken.

Sidang perdana yang dipimpin oleh Majelis Hakim Wayan Karya SH MHum dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hadi Prawoto SH, mendengarkan keterangan terdakwa yang didampingi penasehat hukum Deymer Malonda SH.

Diketahui, perisitwa pencurian buah kelapa yang mengakibatkan kerugian dari kekuarga Erik Samola itu terjadi 14 Maret 2009. Dimana, terdakwa memerintahkan saksi Toni Ganggona untuk menduduki tanah yang diatasnya berdiri rumah milik terdakwa. Sementara tanah yang diduduki rumah terdakwa, bersertifikat milik korban Eric Samola.

Tidak itu saja, terdakwa juga menyuruh Toni Ganggona untuk mengambil buah kelapa diatas tanah tersebut. Bahkan, terdakwa juga menyuruh saksi Toni Ganggona untuk menempati tanah tersebut sejak tahun 1990. Ini membuat Dorothe Samola memilih melaporkan kejadian tersebut ke polisi. Atas tuduhan itu pula terdakwa dijeret JPU berdasarkan Pasal 362 KUHP. (alen)

 

Manado Fiesta 2017