IKLAN

Camat Mapanget Berikan Pembinaan Warga yang Buang Sampah Sembarangan


Camat Mapanget Danny Kumayas saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi dengan para lurah dan kepala lingkungan di Kecamatan Mapanget.

Camat Mapanget Danny Kumayas saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi dengan para lurah dan kepala lingkungan di Kecamatan Mapanget.

MANADO – Kerja keras Pemerintah Kota Manado di Kecamatan Mapanget untuk menjadikan Kota Manado bersih makin membuahkan hasil. Buktinya selang beberapa hari terakhir, dibawah komando Camat Danny Kumajas, S.Sos, tim yang turun di sejumlah lokasi berhasil menangkap tangan tiga pelanggar Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 tahun 2006 tentang pengolahan sampah dan retribusi kebersihan. Ketiga pelanggar tersebut masing-masing, satu orang yang membuang sampah tidak sesuai dengan jam yang ditentukan, pengemudi truk yang membuang material bangunan tidak pada tempatnya, serta seorang pedagang atribut merah putih yang tidak memiliki pengenal.

“Sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan pak Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota pak Mor Bastiaan, untuk memastikan kebersihan wilayah, maka kami terus berupaya melakukan penindakan. Ini juga untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan membuang sampah ditempatnya dan sesuai waktunya yaitu jam 6 sore – jam 6 subuh,” ujarnya.

Ketika disinggung soal pemberian sanksi, Kumayas menuturkan, untuk saat ini sanksi yang diberikan baru sebatas pembinaan dan membuat surat pernyataan tidak mengulangi lagi. “Soal sanksi, kepada pelanggar kita beri pembinaan dan meminta menandatangani surat pernyataan tidak mengulangi lagi perbuatannya. Sedangkan untuk pedagang yang tidak memiliki identitas, diserahkan ke kelurahan tempat dia berdomisili untuk ditindaklanjuti,” tutur Kumayas.

Meski begitu, dirinya tidak menampik bahwa untuk menyadarkan warga agar menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarang bukan perkara yang mudah. “Memang menyadarkan orang untuk hidup bersih dan taat aturan tidak mudah. Namun kami akan tetap berupaya dan terus bekerja memaksimalkan setiap kegiatan dan program dibawah komando pak Walikota GSVL dan Wakil Walikota MOR, untuk menjadikan Kota Manado bersih, bebas dari sampah menuju Kota Manado CERDAS.(Cilo)

 

Manado Fiesta 2017