IKLAN

Cacat Hukum, Mutasi Jabatan ‘Supersemar’ Produk ROR Bergulir di PTUN  


 

Salah satu mutasi jabatan yang dilakukan Roy Roring, penjabat Wal;i Kota Manado ketika itu

Salah satu mutasi jabatan yang dilakukan Roy Roring, penjabat Wal;i Kota Manado ketika itu

MANADO – Roling jabatan/Mutasi di lingkungan Pemkot Manado di masa pemerintahan transisi Royke O. Roring (ROR) sebagai penjabat Wali Kota Manado yang dikenal dengan sebutan mutasi supersemar (Surat Perintah 11 Maret), terus berbuntut.

Pasalnya, roling produk ROR pada 11 Maret 2016 yang melibatkan sekitar 80-an jabatan itu kini sedang bergulir  di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado setelah resmi dilaporkan salah satu oknum PNS yang keberatan dengan nomor pendaftaran 47.

Usaha gugatan terhadat kebijakan ROR selaku penjabat Wali Kota ketika itu langsung mendapat support LSM Majelis Jaring Koruptor Sulut (MJKS). LSM ini siap mengawal proses hokum gugatan tersebut dan mendampingi para korban roling Superseamr itu.

“Kami mendengar roling penjabat ketika itu cacat hokum. Dan kami siap mendampingi para korban ASN yang terkena roling di luar prosedur hokum tersebut,” kata ketua MJKS, Stenly Towolui didampingi sekretaris, Max Bawotong SH.

Sekadar diketahui, 21 April 2016 Kemendagri mengirim surat kepada Gubernurn Sulut dengan tembusan Penjabat Wali Kota soal larangan mutasi jabatan di lingkungan Pemkot Manado.

Surat ditandatangani Mendagri Tjahjo Kumolo nomor 820 /1472/SJ menjawab surat BKD Manado Nomor 800/402/Sekr-BKD tanggal 13 April 2016 Perihal Usulan Mutasi Jabatan Struktural.

ROR selaku penjabat Wali Kota sendiri sudah melakukan rolling pada 11  Maret. Kenekatan ROR inilah membuat sejumlah pejabat yang menjadi korban Supersemar itu menempuh jalur hokum dengan mem-PTUN-kan penjabat Wali Kota.

“Para pegawai korban mutasi itu mempertanyakan dasar hokum dipakai penjabat ketika itu. Yang dilakukan ROR diduga kuat ada intrik pribadi atau intrik politik sehingga kami mendukung langkah hokum ditempuh ini,” tegas Bawotong yang juga pratisi hokum. (antoreppy)

 

Manado Fiesta 2017