IKLAN

Bupati Bolmong Salihi Mokodongan Berlebaran Kolipot di Mopait Lolayan


 

Bupati Salihi (kedua dari kanan) Bersiap Santap Siang di Lebaran Kolipot. (f-humas bm)

Bupati Salihi (kedua dari kanan) Bersiap Santap Siang di Lebaran Kolipot. (f-humas bm)

BOLMONG – Ide warga Desa Mopait sejak tahun 2011 , untuk memanifestasikan kearifan lokal dan moment pascalebaran Idul Fitri sebagai ajang halal bihalal, dengan mengangkat kuliner khas Bolmong yakni Kolipot.

Tradisi Lebaran Kolipot bahkan telah di-perdes-kan sejak tahun 2012 oleh Desa Mopait, dengan tujuan antara lain mengangkat kearifan lokal budaya Bolaang Mongondow dari degradasi budaya asIng.
Lebaran Kolipot juga sebagai sarana menyambung tali silaturahim antar warga masyarakat sesuai dengan filosofi orang Bolaang Mongondow tentang persaudaraan dan kebersamaan.

Perayaan Lebaran Kolipot, Senin (27/7) yang dirangkaikan dengan Halal Bihalal tingkat Kecamatan Lolayan kali ini dihadiri jajaran Pemkab Bolmong, yang dipimpin langsung Bupati Hi Salihi B. Mokodongan.

Diawal sambutannya Bupati menyampaikan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 Hijriah, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin”. Bupati mengatakan momen Lebaran Kolipot dan Halal Bihalal merupakan ajang silaturahmi untuk lebih memperkuat komitmen dan tekad guna lebih meningkatkan kualitas Iman dan Tagwa kepada Allah SWT.

Suasana Perayaan Lebaran Kolipot di Mopait Lolayan. (f-huma bm)

Suasana Perayaan Lebaran Kolipot di Mopait Lolayan. (f-humas bm)

Lebih jauh Bupati berpesan untuk selalu menjaga persatuan dan keamanan wilayah demi tercipta suasana kondusif. Jalin silaturahmi serta pererat tali persaudaraan, sehingga tercipta solidaritas sesama umat beragama. Hidupkan kembali semangat Momosad dalam kehidupan bermasyarakat serta melestarikan kebudayaan daerah.

Diakhir sambutannya Bupati Mokodongan berharap kepada seluruh warga masyarakat untuk terus berkomitmen bersama, berperan bersama, dan bekerja bersama dalam rangka melanjutkan dan meneruskan pembangunan di seluruh wilayah Bolaang Mongondow pada tahun tahun selanjutnya, demi mewujudkan Bolaang Mongondow yang lebih berbudaya, lebih berdaya saing dan lebih sejahtera.

Usai sambutan Bupati didampingi Wakil Ketua DPRD Kamran Muchtar ST serta jajaran pemkab meninjau stand remaja mesjid yang menyajikan makanan dan minuman yang akan disantap bersama.
Perayaan Lebaran Kolipot tersebut tidak hanya berlangsung di Lapangan Olahraga Mopait, namun juga di rumah rumah warga masyarakat Desa Mopait Kecamatan Lolayan. (yoan)

 

Manado Fiesta 2017